UN Young Professional Program

UN Young Professionals Program undang peserta dari Indonesia. Pendaftaran dibuka 13 Juli 2012 dan ditutup pada 12 September 2012 (pukul 23.59 waktu New York). Demikian dituturkan Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri RI, P.L.E. Priatna, dalam siaran pers hari ini.

Undangan mengikuti program tersebut terbuka bagi WNI. Berbagai bidang tersedia dalam program tersebut.

“Arsitektur, ekonomi, teknologi informasi, politik, radio, dan sosial,” tambah Priatna.

Persyaratan yang harus dipenuhi pelamar adalah sebagai berikut :

a. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berumur maksimal 32 tahun pada 31 Desember 2012;

b. Memiliki ijazah minimal Strata 1 (S1);

c. Mampu berbahasa Inggris dan/atau Bahasa Prancis dengan sangat baik.

Seluruh proses pendaftaran dilakukan dengan sistem online melalui situs http://careers.un.org. Informasi dan persyaratan lebih lanjut tentang program ini dapat diakses lewat situs tersebut.

Proses seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Sekretariat PBB dengan melihat seluruh aplikasi yang masuk secara online. Jika terdapat lebih dari 15 orang yang lolos tahap seleksi, maka akan dilaksanakan ujian tertulis di Indonesia.

Program ini digelar mengingat keterwakilan WNI yang bekerja di organisasi internasional seperti PBB mempunyai nilai strategis nasional yang sangat tinggi. Untuk itu diharapkan partisipasi Indonesia dalam program tersebut dapat meningkatkan keterwakilan tersebut (Sumber : Setditjen Multilateral/Dit. Infomed/PLE).