The Second IR Lecture Series

Pada tanggal 21 Januari 2013, untuk kedua kalinya, Departemen HI Binus mengadakan IR Lecture Series. dalam IR Lecture Series kali ini, Departemen HI Binus mengundang Prof. Samuel C.Y. Ku  dari National Sun Yat Sen University dan Assoc Prof. Tai Wan-Ping dari Cheng Shiu University. Dalam kuliah umum ini, turut hadir  Mr. Peter Wey, Executive Officer Press Information Division dari Taipei Economic and Trade Office (TETO) serta dari kalangan profesional Mr. Supamijoto, SH dari Aji Wijaya, SUnarto Yudo & Co.

Prof. Samuel C.Y. Ku  yang juga merupakan Direktur Institue of China and Asia Pacific Studies ini menjelaskan dengan sangat menarik hubungan antara Indonesia dan Taiwan serta implikasinya bagi stabilitas di Asia Pasifik. Prof. Samuel C.Y. Ku dengan fasih menjelaskan beberapa aktivitas ekonomi dan budaya Taiwan di Indonesia serta hubungan baik antara Taiwan (ROC) yang diwakili oleh TETO sebagai perwakilan diplomatik Taiwan di Indonesia dengan Indonesia.

IR Lecture Series semakin bertambah menarik setelah memasuki sesi diskusi dimana mahasiswa-mahasiswa HI Binus melontarkan berbagai macam pertanyaan yang menarik mengenai hubungan antara ROC dan China baik dari segi ekonomi, politik, maupun budaya serta ketegangan akhir-akhir ini antara China dan ROC atas perebutan pulau Senkakyu. Lalu juga terdapat diskusi hangat mengenai peran dukungan AS secara militer kepada ROC serta implikasi dari pembangunan militer ROC terhadap stabilitas kawasan khususnya hubungan ROC dengan China

Setelah perkuliahan umum selesai, Departemen HI Binus diwakili oleh Kepala Departemen Tirta Mursitama dan Dini Septanti melakukan diskusi dengan pihak National Sun Yat Sen University dan Cheng Shiu University untuk melakukan kerjasama internasional di  antara ketiga universitas.