HI BINUS dalam The 4th Economy of Tomorrow Regional Forum

Dr. Tirta memaparkan presentasinya
Dr. Tirta memaparkan presentasinya

Pada tanggal 25 – 26 Februari 2013 yang lalu, Ketua Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Humaniora BINUS University, Tirta Mursitama PhD, menjadi invited speaker dalam Seminar “The 4th Economy of Tomorrow Regional Forum (EoT)” di Bangkok, Thailand. Dari Indonesia, Dr. Tirta Mursitama hadir bersama A. Prasetyantoko, PhD Dekan Fakultas Bisnis dan Komunikasi Unika Atmajaya sebagai invited speaker.

Acara ini diselenggarakan oleh Freidrich-Eibert Stiftung (FES) Thailand Office bekerjasama dengan Thailand Development Research Institute (TDRI) yang dihadiri dari para ekonom dan ekonomi politik dari berbagai negara. Diantaranya dari Jerman, India, China, Indonesia, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, Polandia, Swedia dan Thailand sebagai tuan rumah.

Forum ini bertemakan “Bubbles, Booms and Busts: How to promote a Balanced Growth Model to curb economic instability?” yang bertujuan menggagas alternatif model pembangunan dalam rangka mengatasi permasalahan dan tantangan bersama. Pada kesempatan tersebut Dr. Tirta Mursitama memaparkan presentasi yang berjudul Investment and Local Government: A Case of Indonesia. Ia menegaskan bahwa terdapat cerita sukses dan banyak terjadi masalah dalam investasi diakibatkan oleh praktek otonomi daerah yang tak terkendali.

Selanjutnya, Dr. Tirta menegaskan para kepala daerah perlu melakukan inovasi berupa terobosan dan kreatifitas dalam pelaksanaan otonomi daerah di tingkat kota/provinsi. Langkah tersebut merupakan pengejawantahan visi dan misi sebagai pemimpin daerah dari keberhasilan mereka mengintepretasikan berbagai peraturan dari pemerintah pusat dan mensinergikan dengan kekayaan lokal yang tumbuh berkembang di dalam masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya good governance dan institutional capacity building agar program yang telah dicanangkan dapat terlaksana terutama dalam konteks menarik investor asing dan domestik.

Perdebatan seru dalam forum tersebut diawali dengan paparan dari Dr. Sebastian Dullien tentang “Promoting balanced growth in emerging and developed economies: the visions, realities and challenges“. Paparan Dr. Dullien menjadi bahan penting diskusi pada hari kedua ketika para peserta menyusun “Bangkok Consensus”.

Bagi BINUS University keikutsertaan Dr. Tirta dalam forum ini semakin menegaskan komitmen kontribusi BINUS University dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan menyelesaikan problema dalam masyarakat. Secara khusus hal ini sesuai dengan misi Jurusan HI BINUS University untuk terlibat aktif dan mengambil peran dalam jejaring ilmuwan (komunitas epistemik) maupun pengambil kebijakan serta masyarakat sipil dalam percaturan nasional, regional maupun global dalam rangka meningkatkan kualitas hidup umat manusia. Selanjutnya, HI BINUS University akan menjadi bagian penting dari jejaring ini sebagai salah satu anggota di tingkat nasional yaitu di Indonesia bersama para ekonom terkemuka lainnya seperti Dr. A. Prasetyantoko dan Bapak Faisal Basri, MA dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Adapun berita selengkapnya bisa diunduh di sini