People Innovation Excellence
 

Pembicaraan Kerja Sama Binus University dan Charles Darwin University

DSC_0109
Diskusi Kerjasama Riset

Pada tanggal 4 Maret 2013, Departemen Hubungan Internasional kedatangan dua peneliti dari Charles Darwin University, Australia yakni Dr Serena Hussain dan Dr Chatrine Kroerner. Kedatangan kedua peneliti ini selain untuk memenuhi undangan sebagai guest lecturer bagi mahasiswa HI Binus yang mengambil mata kuliah Metode Penelitian Hubungan Internasional juga dalam rangka melakukan penjajakan kerjasama antar kedua universitas.

Pertemuan penjajakan ini dihadiri oleh Tirta Mursitama, PhD (Ketua Jurusan HI), Raymond Godwin (Ketua Jurusan Psikologi), Dini Septanti (Sekretaris Jurusan HI), dan Reza Havies (International Office). Pertemuan  ini juga dihadiri oleh Nurul Rochayati sebagai perwakilan UNHCR dan Mutiara Arumsari sebagai perwakilan IOM serta Dr. Yosef Dedy Pradipto, seorang lecture specialist di Binus University yang berpengalaman dalam penelitian dan pendidikan.

Dalam pertemuan ini, pihak CDU berharap dapat melakukan kerjasama riset dengan BINUS University terutama dalam hal riset mengenai kondisi pengungsi asing yang berasal dari Afghanistan, Iran, dan Pakistan yang terdampar di Indonesia. Penelitian mengenai isu ini menjadi penting mengingat semakin bergejolaknya wilayah tersebut akibat kondisi instabilitas domestik di masing-masing Negara. Diskusi semakin menghangat dengan tambahan informasi yang disampaikan oleh perwakilan UNHCR dan IOM. Oleh sebab itu, pihak CDU berharap akan tercipta kolaborasi antara CDU dan Binus University dalam hal kerjasama riset mengenai topik tersebut.

Setidaknya pertemuan ini menghasilkan beberapa kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak antara lain:

  1. Kedua belah pihak sepakat bekerjasama membentuk tim riset bersama (joint research) dan akan menyusun proposal secara bersama-sama
  2. BINUS University akan menjadi mitra strategis berperan sebagai “hub” antara pemangku kepentingan terkait baik lembaga pemerintah, regional maupun internasional
  3. CDU menyediakan satu beasiswa untuk program master di bidang ilmu sosial bagi mahasiswa / staf pengajar BINUS University yang potensial
  4. Dr Serena Hussain dan Dr Chatrine Koerner bersedia menjadi international editorial board member Journal of ASEAN Studies yang akan diterbitkan oleh HI BINUS University

Dalam waktu beberapa bulan kedepan, kerjasama ini dapat direalisasikan melalui pemantapan riset proposal yang dibuat oleh kedua belah pihak agar dapat diberikan ke penyandang dana internasional.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close