People Innovation Excellence
 

Kerjasama Ekonomi Global dan Diplomasi Indonesia

Dr Tirta bersama Peserta Sekdilu 37 Kelas A
Dr Tirta bersama Peserta Sekdilu 37 Kelas A

Pada tanggal 5 April 2013 lalu, Tirta Mursitama, PhD, ketua departemen Hubungan Internasional Fakultas Humaniora Universitas Bina Nusantara kembali mendapatkan kesempatan memberikan materi dan berdiskusi dihadapan 59 diplomat muda Indonesia Sekdilu angkatan 37 di Pusdiklat, Kemenlu, Sisingamangaraja, Jakarta. Pada kesempatan kali ini Dr Tirta menyampaikan topik “Kerjasama Ekonomi Global” yang kemudian dikaitkan dengan peran diplomat dan diplomasi Indonesia.

Paparan dimulai dengan memberikan penjelasan tentang Ekonomi Politik Internasional (Ekopolin) meliputi definisi, stuktur dan elemen-elemen di dalamnya. Penjelasan ini memberikan kerangka yang dapat digunakan untuk menganalisis fenomena kerjasama ekonomi global. Selain itu, Dr Tirta melanjutkan paparan  dengan konteks historis ekonomi global pasca Perang Dunia II dengan kemunculan Bretton Woods System disertai dengan krisis-krisis yang menyebabkan perlunya pemikiran kembali tentang tatakelola ekonomi global. Kemunculan G-20 menjadi sebuah studi kasus yang kemudian memicu diskusi yang hangat di antara para diplomat muda peserta Sekdilu 37.

Namun hal yang tak kalah menarik adalah diskusi yang meluas tentang diplomasi Indonesia dan tantangan yang dihadapi para diplomat. Perdebatan peran diplomat apakah harus idealis ataukah pragmatis menjadi satu bagian diskusi yang seru diantara para peserta. Pertanyaan klasik seperti ini sangat wajar dikemukakan oleh diplomat yang baru mulai meniti karir. Ternyata hal ini, tak terkecuali menjadi bagian dari kegalauan 59 orang pilihan dari seantero bumi pertiwi yang mendapatkan kehormatan amanah menjadi diplomat Indonesia.

Hal menarik lain yang semakin menumbuhkan harapan optimisme diplomasi Indonesia ke depan adalah ketika muncul pertanyaan berapa lama mereka akan menggapai posisi puncak sebagai duta besar atau bahkan menteri luar negeri. Jawabannya pun bervariasi ada yang sangat optimis dalam 10 tahun, hingga yang menengah 15 tahun sampai yang berpikir konservatif sampai 20 tahun. Tentu hanya waktu yang akan menjawab keoptimisan mereka. Namun yang pasti, adanya kerangka waktu yang dimiliki para diplomat muda ini menandakan mereka pun punya mimpi besar untuk berkontribusi memberikan yang terbaik bagi bangsa ini.

Bagi Dr Tirta dan Hubungan Internasional Fakultas Humaniora Universitas Bina Nusantara kesempatan menjadi widyaiswara ini merupakan amanah yang luar biasa. Secara pribadi, perasaan gembira dan bangga semakin membuncah ketika menyaksikan enam dari lima puluh sembilan diplomat muda angkatan 37 ini adalah bekas mahasiswa ketika masih mengajar di Universitas Indonesia. Hal ini semakin memberikan inspirasi dan memupuk rasa percaya diri agar jurusan Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara dalam empat hingga lima tahun ke depan dapat menempatkan lulusannya menjadi bagian dari diplomat muda Indonesia yang ditempa di pusdiklat Kemlu yang bersejarah. Semoga. Majulah Hubungan Internasional Indonesia, Majulah Diplomasi Indonesia!

 

Dr Tirta berdiskusi dengan Peserta Sekdilu 37
Dr Tirta berdiskusi dengan Peserta Sekdilu 37
Dr Tirta bersama Peserta Sekdilu Kelas B
Dr Tirta bersama Peserta Sekdilu Kelas B
Dr Tirta mengajar Sekdilu 37
Dr Tirta mengajar Sekdilu 37

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close