Peran Baru Perusahaan Multinasional dalam Hubungan Internasional: Tinjauan Ekonomi Politik Internasional

Peran Baru Perusahaan Multinasional dalam Hubungan Internasional: Tinjauan Ekonomi Politik Internasional

 

Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D

Dini Adiba Septanti, M.Sc

 Departemen Hubungan Internasional,  Fakultas Humaniora BINUS UNIVERSITY

Jl. Kemanggisan Ilir III No. 45, Kemanggisan, Jakarta Barat 11480

Email: tmursitama@binus.edu

 

ABSTRAK

 Penelitian ini tentang peran baru perusahaan multinasional (Multinational Corporations, MNC) dalam hubungan internasional dari perspektif ekonomi politik internasional. Peran tradisional MNC selama ini terbatas dalam studi bisnis internasional sebagai sebuah entitas bisnis yang melakukan ekspansi secara internasional melalui investasi asing langsung (Foreign Direct Investment, FDI). Perkembangan hubungan internasional yang dinamis telah mempengaruhi posisi dan strategi MNC hingga perannya sebagai aktor non negara (non-state actor) dalam kajian hubungan internasional diakui keberadaannya. Penelitian ini mengidentifikasi peran baru perusahaan multinasional (MNC) dalam hubungan internasional ditinjau dari empat tataran, yakni global, regional, nasional, dan lokal. Dengan menggunakan tinjauan ekonomi politik internasional yang digunakan dalam penelitian ini, pendekatan  ini berhasil mengaitkan antara disiplin Bisnis Internasional dan Hubungan Internasional. Hasilnya adalah identifikasi peran baru MNC yang selama belum terlalu mendapat perhatian secara khusus sebagai sub-kajian di kedua ranah kajian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi literatur dan dokumen.

 

Kata-kata kunci: MNC, Bisnis Internasional, Hubungan Internasional, Ekonomi Politik Internasional

Sumber pendanaan: Penelitian ini didanai oleh Hibah Penelitian Berbasis Roadmap dan RIP Binus University Tahun Anggaran 2012.