People Innovation Excellence

Kerjasama Internasional Hi Binus-UNIC: Seminar Disarmament and Arms Trade

Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Humaniora Universitas Bina Nusantara bekerjasama dengan United Nations Information Center (UNIC) Jakarta menyelenggarakan Seminar on Disarmament and Arms Trade pada tanggal 16 Mei 2013 lalu yang bertempat di ruangan M2CD BINUS Kampus Syahdan. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama kolaborasi internasional antara HI BINUS dan UNIC Jakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor IV BINUS Bapak Dr. Ir. Boto Simatupang yang menyambut baik acara ini.

Acara diawali pukul 09.00-09.45 dengan registrasi peserta dan undangan.  Selanjutnya pukul 10.00 acara dimulai dengan pembukaan acara diikuti sambutan Kajur Hubungan Internasional Tirta N Mursitama, Ph.D dan pihak UNIC yakni Michele Zaccheo (Director of the UNIC Jakarta).

Dr. Tirta sekaligus bertindak sebagai moderator acara seminar tersebut. Pada giliran pertama, presentasi materi tentang Indonesia and the Arms Trade Treaty oleh Bapak Febrian A Ruddyard (Direktur Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia). Paparan selanjutnya, presentasi materi tentang Regulating Small Arms and Light Weapons in Indonesia oleh Ibu Denik Iswardani Witarti, PhD (Dekan FISIP Universitas Budi Luhur sekaligus Dosen HI Universitas Budi Luhur).

Acara juga diselingi pemutaran film tentang keseharian Sekjen PBB dalam menjalankan tugas sehari-hari. Film tersebut memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang kehidupan diplomat di lembaga multilateral seperti PBB. Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan tentang kampanye mendukung pembangunan pasca MDGs.

Lesson Learned

Dari kegiatan ini mahasiswa memperoleh pemahaman terkait national security serta penjelasan tentang alasan Indonesia abstain dalam traktat perdagangan senjata. Mahasiswa memperoleh penjelasan dan pemahaman bagaimana pentingnya kerjasama multilateral khususnya dalam penanganan senjata konvensional. Perlunya mahasiswa untuk terus meningkatkan wawasan terkait isu-isu multilateral. Mahasiswa memperoleh gambaran peredaran senjata ilegal yang masuk ke Indonesia serta memperoleh penjelasan tentang berbagai jenis senjata yang sering digunakan di daerah konflik khususnya di Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh dosen HI BINUS, Kementerian Luar Negeri, UNIC, para mahasiswa HI BINUS, mahasiswa HI Universitas Moestopo dan Universitas Budi Luhur. Kegiatan ini diliput oleh BINUS TV, CMC dan media. Seminar ini bertepatan dengan penyelenggaraan pekan ke-9 yang disebut Binus Enterprise and Innovations.

Penulis: RVY; Editor: TNM

 

 

Michele Zaccheo (Director of the UNIC Jakarta) dan Tirta Mursitama, PhD (HI Binus)
Michele Zaccheo (Director of the UNIC Jakarta) dan Tirta Mursitama, PhD (HI Binus)
Michele Zaccheo (Director of the UNIC Jakarta) danBapak Febrian A Ruddyard (Direktur Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia)
Michele Zaccheo (Director of the UNIC Jakarta) danBapak Febrian A Ruddyard (Direktur Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia)

Seminar mengenai Arms Trade
Seminar mengenai Arms Trade
Suasan Seminar Arms Trade
Suasan Seminar Arms Trade
Suasana Seminar
Suasana Seminar
Mahasiswa HI Binus memberikan pertanyaan
Mahasiswa HI Binus memberikan pertanyaan

 

Ibu Denik Iswardani Witarti, PhD  dan Michele Zaccheo
Ibu Denik Iswardani Witarti, PhD dan Michele Zaccheo
Michele Zaccheo (Director of the UNIC Jakarta)
Michele Zaccheo (Director of the UNIC Jakarta)
paparan dari Michele Zaccheo
paparan dari Michele Zaccheo

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close