Pelatihan Penulisan Essay Mahasiswa Hi Binus

Sebagai bagian dari kegiatan BINUS Enterprises and Innovations pada pekan ke-9, Departemen Hubungan Internasiona Universitas Bina Nusantara (HI BINUS) menyelenggarakan “Pelatihan Penulisan Essay bagi Mahasiswa HI BINUS”.  Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 17 Mei 2013 bertempat di Kampus Kijang.

Pelatihan penulisan essay ini dibimbing langsung oleh Bapak Shofwan Al Banna, PhD, dosen tidak tetap Departemen HI BINUS. Pelatihan diawali dengan pemberian materi kemudian diikuti dengan praktik langsung menuliskan essay.

Metode yang digunakan pun sangat menarik dan interaktif. Lima belas hingga dua puluh menit pertama berupa pemaparan materi diikuti tanya jawab. Dalam pemaparan tersebut diberikan cara-cara menulis yang baik beserta contoh essay yang baik dan menarik. Salah satu contoh yang disampaikan adalah tulisan karya Bapak Dr Shofwan sendiri yang dimuat di sebuah media nasional terpercaya.

Kemudian, lima belas menit selanjutnya adalah latihan penulisannya. Mahasiswa secara langsung menerapkan cara-cara yang disampaikan oleh pemateri/fasilitator. Setelah itu, masing-masing mahasiswa diminta maju ke depan untuk menuliskan poin-poin yang mereka anggap penting di whiteboard. Setelah mahasiswa selesai menuliskan poin-poin penting, fasilitator kemudian mengajak mahasiswa membahasnya secara langsung dan interaktif.

Mahasiswa peserta pelatihan pun sangat antusias. Mereka mengikuti dengan baik dan tidak canggung untuk mencoba secara langsung dan memaparkan pandangannya di hadapan fasilitator maupun rekan-rekan mahasiswa lainnya.  Ketika ditanya kesan mengikuti pelatihan, salah satu mahasiswa menyatakan bahwa pelatihan essay seperti ini sangat membantu dalam mengerjakan tugas kuliah. Sementara mahasiswa yang lain mengakui bahwa selama ini ia tidak mengetahui cara praktis menemukan poin-poin penting dalam mengerjakan essay yang baik. Setelah mengikuti pelatihan ini, ia menjadi paham dan berusaha menerapkan dalam perkuliahan nanti.

Fasilitator pun bersemangat menyampaikan paparan dan berbagi pengalaman serta keahlian dalam menuliskan essay. Namun, satu hal yang perlu ditingkatkan adalah tingkat partisipasi mahasiswa HI yang masih rendah. Sebagian mahasiswa belum menyadari sepenuhnya arti pelatihan penulisan essay yang sesungguhnya sangat berguna bagi proses belajar-mengajar selama perkuliahan. Hal ini akan ditingkatkan di kemudian hari.

Terlepas dari itu, pelatihan penulisan essay ini sebagai komitmen dari Departemen HI BINUS dalam memberikan yang terbaik bagi peningkatan kemampuan mahasiswa tidak hanya berkait langsung dengan substansi perkuliahan, tetapi juga soft skills yang mendukung perkuliahan. Selanjutnya, Departemen HI BINUS bekerjasama dengan fakultas dan universitas akan mencari solusi bagaimana mengaitkan kegiatan Binus Enterprises and Innovation di pekan ke-9 ini dengan pemberian materi yang sangat relevan bagi mahasiswa.

Penulis: TNM; Editor: MFK

Shofwan Al Banna PhD Memberikan pemaparan mengenai Penulisan
Shofwan Al Banna PhD Memberikan pemaparan mengenai Penulisan
Mahasiswa presentasi di depan rekan sekelas
Mahasiswa presentasi di depan rekan sekelas
Mahasiswa presentasi di depan rekan sekelas
Mahasiswa presentasi di depan rekan sekelas
Susana pelatihan penulisan HI Binus
Susana pelatihan penulisan HI Binus