Tempat Wisata Unik di kaoshiung Taiwan

Oleh: Kathleen Mariyano

Selain masyarakatnya yang ramah dan friendly, Taiwan juga terkenal dengan berbagai tempat wisata yang unik. Masing-masing tempat tersebut tentunya memiliki cirri khas dan kisahnya masing-masing. Dalam tulisan ini, saya akan menceritakan tentang dua tempat unik yang sangat saya gemari karena keramaian dan wisata kulinernya yang menggoda selera setiap wisatawan yang berkunjung ke kedua tempat tersebut. Kedua tempat tersebut adalah pasar malam Jin-Zuan dan Taman Kota Kaoshiung (tempat perayaan moon cake festival).

3

Membahas tentang pasar malam yang ada di Taiwan, jumlahnya mungkin bisa mencapai sepuluh atau bahkan lebih. Bisa disebut juga bahwa pasar malam sudah cukup menjamur hampir di semua kawasan di Taiwan. Pasar malam merupakan salah satu tempat yang digemari banyak masyarakat Taiwan karena wisata kulinernya yang beragam dan tempat berburu pakaian, sepatu dan aksesoris yang trendi dan super murah bagi kaum hawa. Oleh karena itu, tak heran apabila anda pergi ke pasar malam mana saja di Taiwan, anda akan berjumpa dengan kerumunan orang yang sangat banyak, dan pemandangan anda akan banyak teralihkan ke wisata kulinernya yang menggoda. Pengalaman saya ke pasar malam Jin-Zuan (salah satu pasar malam terkenal di Kaoshiung) sangat memuaskan , karena disana saya bisa berwisata kuliner dan beruburu pakaian dengan berbagai jenis fashion terkenal dengan harga terjangkau. Kawasan Pasar malam Jin-ZUan juga nampak bersih dan terawat, sehingga mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang untuk berwisata kuliner dan berbelanja. Dibawah ini merupakan beberapa jenis makanan yang saya temui di pasar malam Jin-zuan.

Tempat yang kedua adalah taman kota Kaoshiung, dimana tempat ini sering dijadikan tempat pikinik di malam hari ketika sedang merayakan moon cake festival. Moon cake festival sendiri adalah festival yang sering diadakan di Taiwan ketika bulan purnama muncul. Perayaan ini pun tidak akan lengkap apabila tidak ada moon cake (kue bulan) yang sangat terkenal kelezatannya di Taiwan. Tempat ini dipilih untuk perayaan moon cake festival karena kawasan lingkungannya yang lapang dan berbentuk seperti bukit di tengah kota, serta pemandangan malam harinya yang sangat indah. Dari bukit di tengah kota ini, kita bisa melihat bulan purnama yang sendang penuh dengan sempurna serta pemandangan indah kota Kaoshiung di malam hari yang mengelilingi taman kota berbentuk bukit ini. Ketika moon cake festival, anda akan banyak menjumpai masyarakat Taiwan yang sedang menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya  di taman kota ini dengan berpiknik dan menyaksikan pesta kembang api sambil menyantap moon cake dan beberapa makanan yang sudah mereka persiapkan dari rumah atau yang dibeli dari pasar makanan di dekat taman kota tersebut.

 1

Kedua tempat inilah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat Taiwan sendiri oleh karena fungsi dan keunikannya masing-masing. Berdasarkan pengalaman saya datang ke kedua tempat ini, secara keseluruhan saya sangat menyukai kedua tempat ini, karena ketika sedang berkunjung, saya bisa merasakan secara langsung, bagaimana suasana tradisional dan kekeluargaan masyarakat Taiwan ketika sedang merayakan moon cake festival dan bagaimana keadaan pasar malam yang dipenuhi oleh masyarakat dipadu dengan aroma wisata kulinernya yang beragam dan sangat khas.

 

gunung es

2