People Innovation Excellence
 

Dari Tugas Mata Kuliah hingga Bertemu Hakim Mahkamah Konstitusi

Oleh Noto Suoneto

Dalam rangka Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Indonesia dalam Perspektif, dosen pengampu mata kuliah, Mbak Richa Vidya Yustikaningrum memberi tugas pembuatan film dokumenter berdurasi 10 menit sebagai salah satu tugas Ujian Akhir Semester. Kelas 01PC3 dibagi menjadi 8 kelompok yang akan mengambil delapan tema yang berbeda yang telah ditentukan oleh Mbak Richa. Kelompok kami yang beranggotakan Noto Suoneto, Jonathan Edward, Sari Puspa Christin, Gregorius Anggoro, dan Rifda Al Azmi mendapatkan tema “Mengenal Lebih Dekat Mahkamah Konstitusi.” Kami diminta untuk melakukan wawancara terhadap Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi serta salah satu Hakim Konstitusi Republik Indonesia.

Maksud dari pembuatan video dokumenter ini adalah mengenalkan masyarakat mengenai tugas dan wewenang Mahkamah Konstitusi serta upaya yang dilakukan jajaran Mahkamah Konstitusi dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat yang sempat turun akibat kasus korupsi yang melibatkan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Bulan Desember dan awal Januari yang lalu , setelah melalui proses perizinan dan mengatur jadwal pertemuan, akhirnya kami diberikan kesempatan untuk bertemu langsung dan mewawancarai Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi, Bapak Janedjri M. Gaffar. Kami pun sangat senang bukan kepalang tatkala kami mendapatkan kesempatan untuk bertemu sekaligus melakukan wawancara terhadap Prof. Dr. Maria Farida Indrati S.H., M.H. satu satu hakim konstitusi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Dalam waktu wawancara yang berkisar 30-45 menit, kami menanyakan mengenai informasi terkait peran dan fungsi Mahkamah Konstitusi, serta suka-duka menjadi Sekjen dan Hakim Konstitusi. Kami pun mendapatkan pelajaran yang berharga dari mereka berdua. Tak lupa beliau berdua memberikan pesan terhadap mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara.

Dalam pandangan kami, pelayanan yang ramah dan santun serta sistem kerja dan keamanan yang terstruktur dan cepat membuat Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia berbeda dengan lembaga birokrat lainnya di Indonesia. Tak heran bila Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia pernah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Mahkamah Konstitusi terbersih dan terbaik di dunia.

Kesempatan mengunjungi Gedung Mahkamah Konstitusi dan mewawancarai pejabat tinggi di lembaga yudikatif tersebut menjadi pengalaman berharga dan berguna bagi kami. Ini semua tidak terlepas dari fasilitasi dan bantuan yang dilakukan oleh Departemen Hubungan Internasional.

Diharapkan pembuatan video dokumenter ini dapat membantu Mahkamah Konstitusi untuk mengembalikan wibawa hukum di Indonesia agar hukum di Indonesia dapat sesuai dengan konstitusi Indonesia. Selain itu, diharapkan video ini menjadi salah satu kontribusi nyata mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara terhadap upaya memberikan pemahaman benar kepada masyarakat luas mengenai arti penting lembaga yudikatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Gedung Mahkaham Konstitusi
Gedung Mahkaham Konstitusi
Mengunjungi Perpustakaan Mahkamah Konstitusi
Mengunjungi Perpustakaan Mahkamah Konstitusi
Mahasiswa HI Binus foto bersama dengan Prof. Dr. Maria Farida Indrati S.H,M.H.
Mahasiswa HI Binus foto bersama dengan Prof. Dr. Maria Farida Indrati S.H,M.H.
Kelompok Indonesia Dalam Perspektif foto bersama dengan Mahasiswa HI Binus foto bersama dengan Prof. Dr. Maria Farida Indrati S.H,M.H.
Kelompok Indonesia Dalam Perspektif foto bersama dengan Mahasiswa HI Binus foto bersama dengan Prof. Dr. Maria Farida Indrati S.H,M.H.

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close