Kerjasama HI BINUS dan Hanyang University Korea Selatan

Pada tanggal 25 Februari 2014 bertempat di BINUS Kampus Anggrek, Ketua departemen Hubungan Internasional, Tirta Mursitama, bersama-sama dengan Binus International Office (BIO), mengadakan pembicaraan kerjasama internasional dengan Hanyang University Korea Selatan. Hanyang University diwakili oleh Ms. Yuni Kang, Manager Office of International Cooperation bersama dengan Mr. Lee Sunjin sedangkan dari BINUS University dihadiri antara lain Ms. Laily, Ms. Theodora, dan Mr. Adre, kesemuanya dari BIO.

Dalam pertemuan tersebut antara lain didiskusikan kemungkinan pertukaran mahasiswa dalam bentuk summer and winter school yang berdurasi pendek maupun pertukarang mahasiswa dalam satu semester. Selain itu, dijajaki pula kemungkinan pertukaran dosen dan peneliti dari kedua universitas, khususnya di bidang politik dan hubungan internasional. Apalagi Hanyang University memiliki program Politik dan Diplomasi serta Kajian Internasional yang keduanya sesuai dengan jurusan Hubungan Internasional Binus.

Ms. Yuni Kang, Manager, Office of International Cooperation, Hanyang University (Korea Selatan, 25022014)
Ms. Yuni Kang, Manager, Office of International Cooperation, Hanyang University (Korea Selatan, 25022014)

Potensi kerjasama kedua universitas ini memiliki prospek yang sangat baik untuk diimplementasikan mengingat semakin tingginya minat mahasiswa Indonesia untuk mengetahui lebih dalam tentang Korea Selatan. Di sisi lain, para mahasiswa Korea Selatan, khususnya dari Hanyang University, sangat tertarik untuk memberikan pengajaran bahasa dan budaya Korea kepada mahasiswa Indonesia. Di Hanyang University juga mulai muncul keinginan kuat para mahasiswa mempelajari budaya Indonesia.

Dr. Tirta Mursitama yakin dengan dukungan dari BIO, kerjasama ini dapat terjalin dan mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Binus dapat ikut serta dalam program pertukaran mahasiswa ke Hanyang Unversity yang diikuti dengan pengiriman mahasiswa Hanyang University ke Binus. Acara ditutup dengan pertukaran cindera mata dari Binus dan Hanyang University.