People Innovation Excellence

Study Visit Departemen HI BINUS ke ASEAN Secretariat

Pada Senin, 19 Mei 2014, Departemen Hubungan Internasional melakukan study visit ke ASEAN Secretariat yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. Study visit ini merupakan bagian dari kuliah lapangan mata kuliah Komunitas ASEAN: Aspek Keamanan, Ekonomi dan Sosial Budaya. Mata kuliah ASEAN merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan dalam kurikulum Departemen HI BINUS. Kunjungan ini diikuti oleh 58 mahasiswa Departemen Hubungan Internasional beserta 1 dosen pendamping dan 1 dosen pengajar mata kuliah ASEAN. Study Visit berlangsung selama dua jam yaitu dari pukul 14.00 – 16.00 WIB.

Study visit kali ini dikhususkan untuk mengunjungi Divisi Pemuda, Olahraga dan Pendidikan. Tujuan dari kunjungan ke divisi tersebut adalah untuk mengetahui lebih mendalam tentang kontribusi dan peran pemuda khususnya mahasiswa dalam mewujudkan Komunitas ASEAN 2015 melalui kegiatan kepemudaan, olahraga dan pendidikan ditingkat ASEAN. Dalam kunjungan kali ini, pihak ASEAN Secretariat memberikan pemaparan singkat mengenai ASEAN baik dari segi sejarah maupun kondisi terkini. Selain itu, pemaparan pun dikhususkan kepada pengenalan Divisi Pemuda, Olahraga dan Pendidikan.

Usai memberikan paparan singkat mengenai ASEAN dan Divisi Pemuda, Olahraga dan Pendidikan, pihak ASEAN Secretariat memberikan kesempatan kepada mahasiswa HI BINUS untuk mengajukan pertanyaan terkait ASEAN dan divisi terkait. Antusiame mahasiswa HI BINUS untuk mengetahui peran dan kontribusi pemuda dalam ASEAN cukup besar dimana mahasiswa mengutarakan kurang lebih 12 pertanyaan terkait ASEAN. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diantaranya, bagaimana kegiatan olahraga (SEAGAMES) dapat mengurangi konflik diantara negara-negara ASEAN. Mahasiswa pun menanyakan bagaimana mahasiswa khususnya mahasiswa HI BINUS dapat memberikan kontribusi nyata dan aktif bagi pengembangan Divisi Pemuda, Olahraga dan Pendidikan ASEAN.

Sesi tanya jawab berlangsung selama 1 jam dan mendapatkan respon yang positif dari pihak ASEAN Secretariat. Setelah sesi tanya jawab, kegiatan kunjungan ini pun ditutup dengan serah terima cinderamata antara Departemen HI BINUS dengan pihak ASEAN Secretariat.

 

IMG_0701 - Copy
Foto bersama mahasiswa HI BINUS dengan Perwakilan ASEAN Secretariat
IMG_0702
Mahasiswa HI BINUS dalam Study Visit ke ASEAN Secretariat

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close