People Innovation Excellence
 

Departemen HI Binus: Belajar Dari Tiongkok

Beijing-Ketua Departemen Hubungan Internasional Fakultas Humaniora Universitas Bina Nusantara, Tirta N. Mursitama, PhD, menjadi visiting scholar di College of Economics and Management, Fujian Normal University, Tiongkok sejak tanggal 5 – 12 November 2014. Kegiatan ini disponsori oleh Confusius Institute Jakarta bekerjasama dengan Fujian Normal University (FNU).

Fujian Normal University
Fujian Normal University

Sebagai visiting scholar, Dr. Tirta melakukan berbagai kegiatan antara lain bertukar pikiran pengembangan perkuliahan, menjajaki kerjasama dengan sejumlah universitas, mengikuti seminar dan bertukar pikiran dengan pejabat dinas kependidikan Provinsi Fujian hingga melakukan wawancara dan observasi langsung tentang kemajuan Tiongkok kepada para peneliti Tiongkok.

Dr Tirta dan Mr. Huang, Dean Confusius Institute Jakarta
Dr Tirta dan Mr. Huang, Dean Confusius Institute Jakarta

Kerjasama pendidikan dan penelitian yang dijajaki Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara antara lain dengan dua institusi penting. Pertama, Fujian Agricultural and Forestry University (FAFU). Dalam pertemuan dengan Eric Chen Youyang, Deputy Director Office of International Cooperation and Exchange, disepakati akan dilakukan pembicaraan lebih lanjut kegiatan pertukaran mahasiswa, dosen, penelitian bersama hingga pendidikan lanjutan. Beberapa Fakultas yang relevan untuk menjadi mitra kerjasama di FAFU adalah College of Humanities and Law dan College of Economics.

Dr Tirta and Mr. Eric FAFU
Dr. Tirta and Mr. Eric FAFU
Dr. Tirta memberi paparan di Kelas FNU
Dr. Tirta memberi paparan di Kelas FNU

Kedua, diskusi kemajuan ekonomi Tiongkok dan penjajakan kerjasama dengan School of Economics Fujian Normal University dengan Dr. Huang Mao-xing. Dalam kesempatan tersebut disepakati kerjasama penelitian antara Departemen Hubungan Internasional dengan Economic Comprehensive Competitiveness Research Center, School of Economics Fujian Normal University. Pada kesempatan tersebut Dr. Tirta juga menerima tiga publikasi prestisius terkait daya saing Tiongkok karya para peneliti dari pusat penelitian tersebut.1

 

Dr. Tirta berdiskusi dengan Dr. Huang
Dr. Tirta berdiskusi dengan Prof. Dr. Huang

Selain itu, Dr. Tirta juga mengunjungi berbagai fasilitas pendidikan di Fujian Normal University seperti ruang kuliah, ruang administrasi universitas, ruang kontrol pengajaran yang dilengkapi multimedia, music hall, dan exhibition hall yang menyimpan sejarah universitas yang berdiri sejak tahun 1907.

Penyerahan buku dari Dr Tirta kepada Mr. Huang, Dean of Confusius Institute Jakarta
Penyerahan buku dari Prof. Dr. Huang Mao-xin, School of Economics FNU

Tiongkok telah berkembang pesat. Kota Fuzhou dimana FNU terletak juga dapat dikategorikan sebagai kota yang maju dengan infrastruktur yang baik dan lengkap. Fasilitas kampus di FNU dan FAFU yang modern dan tradisi keilmuwan yang tinggi menunjukkan Kota Fuzhou sebagai asal muasal Jalur Sutera Laut. Tidak salah bila universitas di Fujian menjadi salah satu tujuan belajar bagi mahasiswa Binus University, khususnya mahasiswa Hubungan Internasional.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close