People Innovation Excellence

Kijang Initiative Forum Bersama Prof. Ananta Kumar Giri

Kijang Initiative Forum pertama pada tahun 2015 ini dilangsungkan pada 18 Februari 2015 di Kampus Syahdan Universitas Binus. Dalam forum diskusi tersebut, Ananta Kumar Giri, Ph.D, professor riset dari Madras Institute of Development Studies, membentangkan sebuah makalah berjudul “Transforming International Studies: a New Cosmopolitanism and the Challenges of Planetary realizations.”

Dalam makalah di atas Profesor Giri mengajukan ide yang berkaitan dengan transformasi dalam disiplin ‘studi internasional.’ Beliau memulai presentasinya dengan sebuah anjuran agar ‘studi internasional’ berkembang dari sebuah studi yang bersifat ‘inter-disiplin’ menjadi ‘trans-disiplin’.  Perkembangan tersebut perlu diejawantahkan, antara lain, dengan cara mengembangkan cara berpikir yang melampaui (going beyond) asumsi-asumsi yang ada dalam disiplin tersebut. Salah satunya adalah melampaui cara berfikir positivism dan bergerak ke arah konstruktivisme. Hal lain yang juga sangat penting untuk dilakukan adalah bergerak melampaui cara berpikir yang berpusat pada eropa (euro-centrism). Upaya untuk mengembangkan metodologi baru di luar metedologi yang sudah mapan adalah salah satu contoh dari proses berpikir yang ‘beyond euro-centrism’ terebut. Sebagai bagian dari upaya inilah, maka Profesor Giri menganjurkan sebuah metodologi yang bersifat kosmopolitan.

CAM00410

 

 

 

 

Presentasi di atas memperoleh respons yang sangat hangat dari para peserta diskusi teresebut. Antara lain adalah komentar yang mengetengahkan menguatnya nasionalisme di beberapa negara, seperti Cina dan Indonesia. Padahal berpikir dalam kerangka kosmopolitan mensyaratkan adanya kesadaran untuk menjadi warga dunia (citizen of the world) dan anggota dari keluarga manusia (member of human family).

 

ATT_1424938228758_CAM00407

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close