Laporan Joint International Conference Departemen HI Binus dengan Tamkang University

Pada tanggal 2 April 2015 bertempat di ruang M2B Kampus Binus Syahdan, diselenggarakan Konferensi internasional yang bertema ?East Asia Security and Economic Development?. Konferensi ini dilakukan setelah penandatanganan Letter of Intent (LOI) antara Universitas Bina Nusantara dan College of International Studies, Universitas Tamkang, Taiwan.

Konferensi ini menghadirkan 5 pembicara dari Universitas Tamkang dan 3 pembicara dari Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara, yakni Prof. A. Dahana, Dr. Johanes Herlijanto dan Dr. Paramitaningrum. Sekitar 40 orang berpartisipasi dalam acara ini dan berasal dari berbagai kalangan, termasuk Prof. Aris Ananta, Guru Besar Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ekonomi, dan Dr. Evi Arifin dari Center for Aging Studies, keduanya berlokasi di Universitas Indonesia.

Beragam topic didiskusikan dalam konferensi ini, mulai dari isu-isu keamanan di wilayah Asia Timur, hubungan Taiwan dengan beberapa actor internasional seperti Cina, Uni Eropa, Indonesia dan Singapura sampai dengan isu kemajuan ekonomi Indonesia dari perspektif Taiwan.

Di akhir acara, Departemen Hubungan Internasional, Bina Nusantara University dan College of International Studies, Universitas Tamkang, Taiwan, sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam hal pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, penelitian dan publikasi bersama.