Laporan The 21 IR Lecture Series: Selayang Pandang Freeport

Dalam memperkaya wawasan mahasiswa HI Binus khususnya untuk yang mengambil konsentrasi MNC dalam mata kuliah “Kejatuhan dan Kebangkitan Perusahaan Multinasional”, PT Freeport Indonesia memberikan kuliah umum mengenai ?Selayang Pandang Freeport? yang disampaikan oleh Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Mr. Spencer Paoh dan Mr. Corinus Suruan pada 11 Juni 2015 di ruang M2B, Kampus Binus Syahdan.

DSCN5128

Dalam kesempatan itu Mr. Spencer memberikan pengenalan Freeport secara singkat kepada para mahasiswa HI Binus. Freeport yang memulai pengelolaan di Papua sejak 1970, menemukan gunung Grasberg di tahun 1980an. Sejak saat itu produksi nikel dan tembaga di Papua oleh Freeport semakin berlipat ganda. Freeport memperkerjakan 80% pekerja lokal. Kontribusi Freeport terhadap pendapatan daerah juga sangat tinggi.

DSCN5129

Namun keberadaan Freeport juga bukan tanpa kritik. Pada kesempatan tersebut mahasiswa ada mengkritik Freeport karena ketidakmampuan mensejahterakan masyarakat papua dan cenderung menghisap kemakmuran. Kritik tersebut tentu ditanggapi Freeport sehingga tercipta ruang dialog.

DSCN5148