People Innovation Excellence

Duet Doktor HI Binus dalam Pelatihan Penelitian Lapangan

Jpeg
Peserta Pelatihan

Seorang yang telah menempuh pendidikan Doktoral pada dasarnya telah mampu melakukan penelitian sendiri tanpa adanya supervisor yang mengawasi. Oleh karenanya penting bagi seseorang yang bergelar doktor untuk bisa membagi ilmu dan pengalaman soal penelitian kepada para peneliti-peneliti muda dan dosen yang ingin menggali lebih dalam mengenai metode penelitian. Berangkat dari pemikiran tersebut, dua orang Doktor yang dimiliki oleh Jurusan HI BINUS yaitu Dr. Johanes Herlijanto dan Dr. Paramitaningrum (Mita) membagi ilmu dan pengalaman soal penelitian lapangan kepada dosen-dosen lain di lingkup BINUS University pada 29 Juni 2015 yang lalu.

Jpeg
Dr Johanes sedang memberikan pelatihan

Dalam pelatihan yang berjudul “How to Conduct Fieldwork” Dr. Johanes dan Dr. Mita memberikan serba-serbi penelitian lapangan yang biasa di dalam tradisi etnografi. Bagi mereka berdua penelitian lapangan berupa direct observation, participant observation dan wawancara mendalam merupakan cara untuk mendapatkan data yang detail dan mendalam namun memakan waktu yang tidak sebentar. Hal ini berguna dalam memberikan eksplanasi dan analisa mendalam tentang sebuah masyarakat dibandingkan dengan studi literatur.

Jpeg

Namun dalam penelitian lapangan, peneliti diharapkan memiliki ketrampilan dalam menghadapi masalah-masalah di lapangan diantaranya adalah mengatasi kejenuhan di lapangan, menggaet narasumber dan berbaur dengan masyarakat di lingkungan baru. Untuk itu praktek langsung penelitian lapangan menjadi penting ketimbang belajar di kelas.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close