People Innovation Excellence
 

Indonesia dan Dunia pasca-1965

Jpeg
Presentasi oleh Zhou Taomo dari NTU mengenai Hubungan Indonesia-RRT 1965

Sejarah mencatat, hubungan Indonesia dengan dunia internasional mengalami dinamika yang bergejolak. Jika hari ini Indonesia bersahabat dengan negara A maka bisa jadi hari berikutnya hubungan keduanya menjadi beku. Tahun 1965 menjadi sangat menarik karena pada tahun tersebut merupakan salah satu turning point dalam sejarah diplomasi Indonesia dan sejarah Indonesia pada umumnya. Hal tersebut menarik perhatian para akademisi dari Jepang dan Indonesia yang diwujudkan dalam sebuah Simposium Internasional yang bertajuk Indonesia and the World: Japanese Study post-1965 yang diselenggarakan oleh Waseda University Jepang bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Turut hadir dalam acara itu pengajar Jurusan HI Binus, Geradi Yudhistira.

Jpeg

Peristiwa 30 September bukanlah semata-mata peristiwa domestik, namun lebih daripada itu peristiwa ini juga memiliki karakter internasional yang kuat. Hubungan Indonesia dengan negara-negara besar saat itu seperti Amerika Serikat, Tiongkok dan Uni Soviet mengalami perubahan drastis. Hubungan Indonesia dengan AS menjadi dekat sementara di lain pihak hubungan dengan negara-negara komunis menjadi renggang bahkan beku. Pola hubungan baru antara Indonesia dengan AS banyak dipengaruhi oleh jaringan intelektual. Beberapa tokoh yang sangat dominan dalam arsitektur politik dan diplomasi orde baru antara lain Guy Pauker (Rand Corp.), Clifford Geertz, Nugroho Notususanto, Ratna Sari Dewi Seoakrno dan jaringan CSIS Tanah Abang.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close