People Innovation Excellence

Preman Ibukota: Antara Legitimasi dan Sumber Daya

IMG-20151130-WA0002 (1)

Topik preman di ibukota Jakarta selalu menjadi santapan menarik bagi para ilmuwan sosial dari dalam dan luar negeri. Preman atau free-men dalam bahasa Inggris, merupakan hasil dari sebuah kondisi sosial politik dalam sebuah negara atau sebuah kota. Kajian ini menjadi kajian yang menarik dibahas di BINUS University pada tanggal 30 November 2015 yang lalu. Pembicara pada diskusi Kijang Initiative Forum ini menghadirkan pakar pembangunan sosial dari Murdoch University Australia, Dr. Ian Wilson.

Dalam diskusi itu Dr. Wilson memaparkan sumber legitimasi kelompok-kelompok preman di Ibukota. Secara garis besar kelompok-kelompok preman pasti memiliki hubungan dengan kekuasaan baik di masa lalu atau di masa kini. Hubungan tersebut layaknya sebuah simbiosis mutualisme dan dipakai oleh kelompok preman tersebut sebagai sumber kekuatan untuk bertahan. Menariknya selain untuk “mengamankan” pada level akar rumput, preman juga menjadi mesin politik yang cukup kuat dalam periode pemilu.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close