People Innovation Excellence

Mari Belajar bersama Saung Bambu

Datang Sabtu pagi dengan berseragam “Saung Bambu”, sukarelawan komunitas binaan Jurusan Hubungan Internasional ini langsung terlihat antusias melihat-lihat lingkungan kampus. Dalam rangka menindaklanjuti pengembangan komunitas di daerah pesisir Provinsi Banten ini, para sukarelawan diundang untuk berpartisipasi dalam berbagai sesi penguatan kepemimpinan, organisasi dan pembelajaran kreatif.

Acara dimulai dengan sesi perkenalan. Untuk mencairkan suasana, perkenalan dilakukan dengan menggunakan coklat dan makanan ringan yang “memaksa” peserta untuk berbagi tentang cita-cita, makanan favorit dan idola mereka. Setelah suasana mencair, sesi pertama dimulai oleh Bela yang bercerita mengenai pengalamannya sebagai mahasiswa dan menjadi bagian dari komunitas diaspora di Amerika Serikat. Diskusi berkembang hingga pengalaman mengenai cara berkuliah di luar negeri dan bertahan hidup di “negeri orang”. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada Bela pada sesi tersebut.

Sesi dilanjutkan dengan briefing mengenai pengembangan organisasi oleh Yudha. Sesi ini menjadi penting demi mendorong Saung Bambu menjadi sebuah lembaga non-profit yang resmi dan memiliki kapasitas yang kuat untuk pembangunan daerah asalnya. Penguatan kapasitas internal dan persiapan pembentukan organisasi menjadi fokus bahasan dalam sesi ini.

Agenda dilanjutkan dengan sesi oleh Aditya Permana mengenai pembelajaran kreatif. Sukarelawan Saung Bambu memiliki program pengajaran Bahasa Inggris kepada anak-anak sekolah dasar di desa mereka. Sehingga sesi ini menjadi penting untuk pengenalan berbagai strategi pembelajaran yang bisa digunakan di kelas.

Usai makan siang, sukarelawan diajak untuk berkunjung ke Monumen Nasional (Monas). Suasana mendung dan hujan ringan tidak menghalangi para peserta untuk berkeliling monumen dan mengabadikan kunjungan mereka dengan berfoto bersama. Beberapa sukarelawan mengaku kunjungan ke Jakarta dan Monas merupakan pengalaman pertama bagi mereka. Hal ini tentu memberi kebahagiaan tersendiri bagi kami sebagai penyelenggara. Terima kasih Saung Bambu!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close