Mahasiswa/i HI Binus Meraih Prestasi dalam Kompetisi Debat Ekonomi

1460263832649

Pada 6-7 April 2016, beberapa mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara yang tergabung dalam Binus International Relations Dialectic Society (BIRDS) mengikuti kompetisi debat ekonomi bertajuk Atma Jaya Java Economic Debate Competition (AVECTION). Terdapat tiga tim yang mewakili Binus berpartisipasi dalam kompetisi tersebut, antara lain Tim Binus A yang terdiri atas Angelica Easterlina, Janice Parera, dan Noto Suoneto, Tim Binus B yang terdiri atas Audhia Firdaus, Sweety Tania, dan Hanri Imam, serta Tim Binus C yang terdiri atas Floryan, Marsella Winata, dan Tengku Indri.

Kompetisi debat ini merupakan ajang pertama kalinya di mana BIRDS mengirimkan tim dalam jumlah yang cukup banyak. Pengembangan kualitas dari latihan debat BIRDS di bawah naungan Coach Dayu Nirma Amurwanti membuat para anggota BIRDS menjadi semangat mengikuti berbagai kompetisi debat yang ada.

Setelah mengikuti tiga ronde yang memperdebatkan berbagai isu ekonomi, Tim Binus A masuk dalam babak semifinal AVECTION. Pada babak semifinal, tim ini kalah dengan sangat tipis dan tidak berhasil masuk ke babak final. Kendati demikian, tim ini pada akhirnya meraih juara ketiga dari kompetisi debat ini. Salah seorang anggota tim, Noto Suoneto, juga berhasil mendapatkan predikat Top 5th Best Speaker.

Kompetisi ini merupakan pengalaman berharga bagi para mahasiswa HI Binus, di mana mereka dapat mengasah ketajaman pikiran dalam menganalisis dan membentuk argumen, serta mengkritisi argumen lawan dengan menyertakan sanggahan yang konstruktif. BIRDS pun menyatakan siap untuk bertanding dalam berbagai kompetisi lain ke depannnya.