Mengenalkan Mahasiswa Kepada Iptek Nuklir di BATAN Serpong

BINUS University berkunjung ke Pusat Teknologi Reaktor dan Keselamatan Nuklir - BATAN Serpong

Pada 12 Mei 2016, beberapa mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara, melakukan kunjungan ke Pusat Teknologi Reaktor dan Keselamatan Nuklir, BATAN Serpong. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka pengenalan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) nuklir kepada mahasiswa, sebagai pengayaan dalam mata kuliah Arsitektur Keamanan Global yang diampu oleh Mutti Anggitta, Faculty Member HI Binus yang memiliki area minat riset tentang keamanan dan nonproliferasi nuklir, terorisme CBRN, dan perjanjian nuklir Iran. BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan tenaga nuklir. Selain di Serpong, BATAN memiliki fasilitas nuklir di Pasar Jumat, Yogyakarta, dan Bandung. BATAN mengoperasikan tiga buah reaktor nuklir di Indonesia, yaitu dua buah reaktor Triga mark II dan sebuah reaktor nuklir 30 MW di Serpong.

Kunjungan ini juga dilaporkan dalam situs web BATAN, sebagai berikut.


BINUS University berkunjung ke Reaktor Serba Guna GA Siwabessy

BINUS University berkunjung ke Reaktor Serba Guna GA Siwabessy

Serpong, 12 Mei 2016 ). Dalam rangka mensosialisasikan iptek nuklir pada masyarakat maka pada hari Selasa tanggal 10 Mei 2016 2016 PRSG BATAN Serpong menerima kunjungan dari Binus University , sebanyak 24 orang dan diterima PRSG oleh Tim Pemandu PRSG yang terdiri dari Cahyana ST, Agung Satrio S.Si, Ngariatinah, Sunarningsih dkk

Rombongan kunjungan mendapat penjelasan mengenai perkembangan dari sejarah reaktor RSG-GAS dengan penjelasan mengenai kelengkapan sarana prasarana yang dimiliki oleh reaktor RSG-GAS. Penjelasan secara menyeluruh mengenai pengoperasian reaktor RSG-GAS disampaikan baik di Lobby maupun di fasilitaitas reaktor.

Rombongan juga mendapat penjelasan mengenai fungsi dan manfaat dari reaktor RSG-GAS. Selain itu dijelaskan pula mengenai proses bisnis reaktor dan manajemen, inspeksi dan pengawasan serta sistem pelaporan pengelolaan reaktor RSG-GAS termasuk didalamnya penjelasan mengenai Sistem Mutu, Budaya Keselamatan, Budaya Keamanan maupun Sistem Monitoring dan Evaluasi serta Pengawasan Dampak Lingkungan di PRSG.

Sumber: http://www.batan.go.id/index.php/id/kedeputian/pendayagunaan-teknologi-nuklir/reaktor-serba-guna/2264-binus-university-berkunjung-ke-reaktor-serba-guna-ga-siwabessy