People Innovation Excellence
 

Dosen HI Binus Berpartisipasi dalam Forum Komunitas Indonesia untuk Kajian Eropa di Malang, Agustus 2016

KIKE Meeting in Malang - August 2016

Pada tanggal 19 Agustus 2016,  Paramitaningrum, dosen Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara pengampu mata kuliah Ekonomi Politik Integrasi Regional di Eropa, mengikuti Workshop Modul Pembelajaran dan Pengajaran Studi Eropa dalam rangka acara The 4th Convention on European Studies. Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Indonesia untuk Kajian Eropa Universitas Gajah Mada (KIKE UGM) dan Universitas Muhammadyah Malang (UMM) sebagai tuan rumah.

Sehari sebelumnya, berlangsung acara Seminar Multiculturalism in Europe, yang menampilkan tiga pembicara, yaitu Agung Cahya Sumirat dari Direktorat Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Muhadi Soegiono dari KIKE UGM, dan Adim Pradana Hafid dari UMM. Bertindak sebagai moderator adalah Gonda Yumitro dari Departemen Hubungan Internasional UMM. Seusai seminar, forum dilanjutkan dengan diskusi yang terbagi atas dua panel paralel, yaitu panel pertama tentang multikulturalisme di Eropa dan panel kedua tentang kerja sama antara Uni Eropa dengan aktor-aktor internasional lainnya.

Acara workshop itu sendiri membicarakan tentang modul-modul pengajaran mata kuliah Studi Eropa yang sudah dikumpulkan sebagai hasil dari workshop sebelumnya di Semarang. Beberapa poin penting yang dibahas dalam workshop ini adalah keterbatasan dalam pengajaran studi Eropa karena penguasaan dosen terhadap studi Eropa beragam dan lebih pada isunya. Hal itu berimplikasi pada beragamnya mata kuliah tentang Eropa yang diajarkan di beberapa universitas dan  pembuatan modul pengajaran. Selain itu, pengajaran mata kuliah tentang Eropa juga harus mengacu pada Kurikulum Nasional ilmu Hubungan Internasional dan melihat tren ilmu penegetahuan terkini.

Oleh karena itu, forum ini kemudian memandang perlu adanya kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa jika ingin mempelajari tentang Eropa dan perlu adanya praktikum yang berbentuk simulasi negosiasi. Di samping itu, Studi Oksidentalisme atau disiplin ilmu yang membahas tentang dunia Barat juga didalami karena Oksidentalisme merupakan akar dari sejarah Eropa.

Hal penting yang dibahas dalam forum KIKE ini adalah rencana KIKE untuk bergabung ke dalam jaringan internasional Studi Eropa di Asia-Pasifik. Untuk itu, perlu ada persiapan seperti melakukan komunikasi dengan para pakar dan institusi yang terkait dan mengundang mereka untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam membangun Studi Eropa di Asia Pasifik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close