People Innovation Excellence
 

Ketua Jurusan HI Binus: Militerisasi Natuna Penting Terkait Kemelut Laut Tiongkok Selatan

Jokowi di Atas KRI Imam BonjolJokowi di Atas KRI Imam Bonjol. Sumber: news.merahputih.com

Setelah terjadi penangkapan nelayan Tiongkok yang melakukan penangkapan ikan ilegal oleh TNI AL di perairan Natuna di Kepulauan Riau, pemerintah mempertimbangkan opsi pengerahan kekuatan militer sebagai upaya untuk mengamankan kawasan itu. Dengan sikap Indonesia yang terlihat lebih tegas, Tiongkok diharapkan akan lebih menghormati kebijakan Indonesia.

Dalam wawancara dengan BeritaBenar, Ketua Jurusan Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara, Prof. Tirta Mursitama, menyampaikan pernyataan senada dengan kebijakan tersebut. Menurutnya, secara de facto Indonesia sudah terlibat dalam kemelut Laut Tiongkok Selatan meski menyatakan tegas bukan sebagai negara pengklaim. “Ini persoalan kedaulatan. Jadi saya pikir mengerahkan kekuatan militer di Natuna sebagai ide memperkuat daerah perbatasan dan tidak melulu berkaitan dengan konflik Laut Tiongkok Selatan dan hasil keputusan PCA (Pengadilan Tetap Arbitrase).”

Langkah itu, tambahnya, tidak akan mengurangi peran Indonesia maupun hubungan baik Indonesia – Tiongkok. “Justru akan memperkuat sekaligus mengirimkan pesan kepada para pihak yang terlibat untuk lebih serius menghadapi konflik Laut Tiongkok Selatan ini. Tiongkok juga akan memahami bahwa Indonesia hanya menjaga kedaulatan Indonesia dan bukan upaya ofensif.”

Wawancara Prof. Tirta oleh BeritaBenar dapat dilihat pada tautan berikut:

http://www.benarnews.org/indonesian/berita/natuna-militer-lcs-07182016163131.html

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close