Dosen HI Binus: Arab Saudi Ingin Menunjukkan Sebagai Sahabat Indonesia

Raja Salman. Sumber: www.republika.co.id

 

Pada 1-9 Maret 2017, Raja Salman bin Abdul Aziz dari Kerajaan Arab Saudi melakukan kunjungan ke Indonesia. Dalam wawancara dengan Republika Online, salah seorang dosen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara, Tia Mariatul Kibtiah, melihat adanya perubahan peta politik internasional dan internal Indonesia menjadi salah satu faktor pemerintah Arab Saudi berkunjung ke Indonesia.

Menurut Tia Arab Saudi ingin menunjukan ke Indonesia mereka tetap menjadi negara sahabat yang tidak mengirim paham radikal. “Lebih ada kekhawatiran kebijakan luar negeri Jokowi yang berbeda dari sebelumnya,” kata Tia, Selasa (28/2). Kondisi itu ditambah dengan kerja sama Indonesia dan Iran terkait sektor minyak dan gas. Padahal selama ini Arab Saudi perang dingin dengan Iran.

Selain itu, kata ia, Arab Saudi juga melihat masyarakat Indonesia tidak lagi terpengaruh dengan isu agama yang masuk ke isu politik. Hal ini nampak dari beberapa pemilihan umum isu agama tidak menjadi faktor penentu kemenangan di Indonesia.

Wawancara Tia oleh Republika Online dapat dilihat pada tautan berikut:

http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/17/02/28/om2meh377-pengamat-arab-saudi-ingin-menunjukkan-sebagai-sahabat-indonesia