People Innovation Excellence
 

Dosen HI Binus: Arab Saudi Ingin Menunjukkan Sebagai Sahabat Indonesia

Raja Salman. Sumber: www.republika.co.id

 

Pada 1-9 Maret 2017, Raja Salman bin Abdul Aziz dari Kerajaan Arab Saudi melakukan kunjungan ke Indonesia. Dalam wawancara dengan Republika Online, salah seorang dosen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara, Tia Mariatul Kibtiah, melihat adanya perubahan peta politik internasional dan internal Indonesia menjadi salah satu faktor pemerintah Arab Saudi berkunjung ke Indonesia.

Menurut Tia Arab Saudi ingin menunjukan ke Indonesia mereka tetap menjadi negara sahabat yang tidak mengirim paham radikal. “Lebih ada kekhawatiran kebijakan luar negeri Jokowi yang berbeda dari sebelumnya,” kata Tia, Selasa (28/2). Kondisi itu ditambah dengan kerja sama Indonesia dan Iran terkait sektor minyak dan gas. Padahal selama ini Arab Saudi perang dingin dengan Iran.

Selain itu, kata ia, Arab Saudi juga melihat masyarakat Indonesia tidak lagi terpengaruh dengan isu agama yang masuk ke isu politik. Hal ini nampak dari beberapa pemilihan umum isu agama tidak menjadi faktor penentu kemenangan di Indonesia.

Wawancara Tia oleh Republika Online dapat dilihat pada tautan berikut:

http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/17/02/28/om2meh377-pengamat-arab-saudi-ingin-menunjukkan-sebagai-sahabat-indonesia


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close