Dosen HI Binus: TKI Menjadi Salah Satu Faktor Kunjungan Arab Saudi ke Indonesia

Duta besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama Mohammad Abdullah Al-Shuaibi. Sumber: www.ihram.co.id

 

Pada 1-9 Maret 2017, Raja Salman bin Abdul Aziz dari Kerajaan Arab Saudi melakukan kunjungan ke Indonesia. Dalam wawancara dengan Republika Online, salah seorang dosen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara, Tia Mariatul Kibtiah,

mengatakan ada beberapa faktor menurutnya mengapa Arab Saudi melakukan kunjungan ke Indonesia. Salah satunya moratorium kerjasama mengenai TKI dan TKW.

Pada tahun 2011 Indonesia sempat memutus kerjasama TKI dengan Arab Saudi. Ada ketidaksepakatan Indonesia TKI disejahterakan oleh Arab Saudi dengan menaikan gaji serta usaha lebih dari pemerintah Arab Saudi melindungi TKI dari kekerasan. Namun Arab Saudi tidak bersedia.

“Tahun 2014 diadakan kembali kerja sama, 2014 masa SBY belum Jokowi, ada kerjasama dilakukan kembali tapi tidak sebaik sebelum pemutusan hubungan kerja,” kata Tia, Selasa (28/2). Ini penting untuk Saudi, menurut Tia, karena TKI dan TKW Indonesia tidak banyak kemauan dibanding tenaga kerja asing dari negara lain.

Menurut Tia karena itu Arab Saudi berharap dibuka kembali keran kerjasama dibidang tenaga kerja setelah 2011 dan 2014. “Dan mendengar kabar pada tahun 2017 Jokowi kembali melakukan moratorium kembali untuk memutuskan kerjasama kembali itu membuat Saudi galau,” katanya.

Wawancara Tia oleh Republika Online dapat dilihat pada tautan berikut:

http://www.ihram.co.id/berita/nasional/umum/17/02/28/om2n7e359-tki-menjadi-salah-satu-faktor-kunjungan-arab-saudi-ke-indonesia