People Innovation Excellence

Delegasi Binus dalam Konvensi Nasional VIII Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia

Sebagai wujud komitmen dalam pengembangan ilmu HI di Indonesia, Departemen Hubungan Internasional (HI) Universitas Bina Nusantara (Binus) berpartisipasi sebagai peserta dalam Konvensi Nasional (Vennas) VIII Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) yang diselanggarakan di Samarinda, Kalimantan Timur, pada 10-13 Oktober 2017. Delegasi HI Binus diisi antara lain oleh Ketua Jurusan Prof. Dr. Tirta Mursitama, Ph.D. sekaligus Ketua AIHII 2014-2017 dan para faculty members yaitu Rangga Aditya dan Tangguh Chairil.

Delegasi HI Binus mengikuti secara aktif kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam acara Vennas VIII AIHII, antara lain seminar nasional, temu organisasi, konferensi akademik, dan sesi akademi khusus. Pada hari pertama, kegiatan dilaksanakan di Universitas Mulawarman. Seminar nasional bertema “Kondisi dan Gambaran Umum Wilayah Perbatasan” mengundang keynote speaker Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Dr. Irianto Lambrie. Seminar nasional yang membahas tentang “Potensi, Prospek, Konsep, dan Strategi Pengembangan Wilayah Perbatasan Indonesia” mengundang Dr. Siswo Pramono, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri, Laksamana Muda TNI Achmad Djamaludin, Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam, dan Komandan Korem (Danrem) 091 ASN Samarinda, Brigjen TNI Irham Waroihan. Setelah seminar nasional, dilaksanakan konferensi akademik, di mana Tangguh mempresentasikan paper yang ditulis bersama Prof. Tirta dan Rangga berjudul “Keamanan Perbatasan dan Kejahatan Transnasional: Tantangan Bagi Indonesia”.

Pada hari kedua, kegiatan dilaksanakan di venue Mesra Business & Resort Hotel. Dilaksanakan diskusi keorganisasian dan dinamika kelembagaan asosiasi melalui komisi yang membahas bidang akademik dan penelitian, keorganisasian AIHII, serta kerja sama dan pengabdian pada masyarakat. Setelah temu organisasi, Prof. Tirta mempresentasikan laporan pertanggungjawaban kepengurusan AIHII 2014-2017 dan dilanjutkan dengan pemilihan Ketua AIHII periode berikutnya.

Setelahnya, acara Vennas VIII AIHII ditutup dan dilanjutkan tur kota Samarinda keesokan harinya. Melalui acara ini, HI Binus semakin menebalkan tekad dan komitmennya menjadi garda terdepan untuk menarik lokomotif pengembangan ilmu HI di Indonesia di masa ini maupun di masa yang akan datang.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close