Kunjungan Dosen HI Binus ke University of Melbourne

Dosen HI Binus Amalia Sustikarini pada bulan Februari 2018 yang lalu berkunjung ke University of Melbourne untuk melakukan wawancara dengan Prof. Vedi Hadiz. Wawancara tersebut dilakukan sebagai bagian dari penelitian mengenai populisme Islam di Indonesia yang sedang dijalankan bersama tim peneliti lainnya yang terdiri dari Wendy Prajuli dan Tia Mariatul Kibtiah.

Prof. Vedi sendiri adalah salah satu scholars yang akif meneliti dan menulis tentang populisme. Tahun 2016 yang lalu beliau menerbitkan bukunya yang berjudul Islamic Populism In Indonesia and The Middle East. Hal yang menarik dari diskusi ini adalah bahwa populisme Islam di Indonesia berbeda dengan yang terjadi di Tuki dan Mesir karena ketiadaan elemen borjuis berupa kekuatan bisnis yang kuat dan besar dalam gerakan ini. Faktor lain adalah kurangnya pembangunan aliansi antar kelas yang koheren serta ketiadaan elemen yang  secara kredibel mampu memonopoli klaim seluruh umat  Islam, yang  faktanya secara internal sangat beragam.

Diluar tujuan akademis, penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan masukan bagi strategi dan kebijakan menghadapi tahun politik 2018 dan 2019 , dimana gerakan  populisme ini rentan digunakan bagi kepentingan politik.