People Innovation Excellence
 

Internship di Kepolisian Negara Republik Indonesia: Sesi Sharing 2

 

Pada Kamis, 22 Maret 2018, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara (HI Binus) melakukan acara sharing magang 3+1 kedua. Setelah sesi sharing pertama mengundang mahasiswa yang pernah melakukan magang 3+1 di Kementerian Pertahanan RI (Kemhan), sesi kedua ini mengundang para mahasiswa yang pernah melakukan magang 3+1 di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), khususnya Divisi Hubungan Internasional (Div Hubinter). Tujuan sesi kedua ini tetap sama dengan yang pertama, yaitu berbagi pengalaman mereka kepada para mahasiswa tahun kedua yang akan melakukan magang 3+1 pada semester ganjil mendatang.

Acara dimulai pada pukul 17:20 di ruang C.204 Kampus Kijang Binus. Sesi sharing diisi oleh Bama Alifianto, Bianca Anastasya, Charlene Karina, Nabilla Azalia, Raka Achmad, Stephanus Yerikho, Steven Bunawan, Syafira Farhani, dan Trianda Alifka yang magang di Div Hubinter Polri pada semester ganjil 2017-2018. Div Hubinter adalah unsur pembantu pimpinan Markas Besar (Mabes) Polri bidang hubungan internasional yang ada di bawah Kapolri. Bagian ini membawahi National Crime Bureau (NCB) Interpol Indonesia untuk menangani kejahatan internasional berhubungan dengan Sekretaris Jenderal ICPO-Interpol, Organisasi Polisi Kriminalitas Internasional.

Para mahasiswa pengisi sesi sharing ini menjelaskan struktur organisasi Div Hubinter Polri, yang membawahi Sekretariat NCB Interpol Indonesia dan Biro Misi Internasional. Set NCB Interpol Indonesia membawahi Bagian Kejahatan Internasional (Bag Jatinter), Bagian Komunikasi Internasional (Bag Kominter), Bagian Konvensi Internasional (Bag Konvinter), serta Bagian Liaison Officer dan Perbatasan (Bag Lotas). Sementara itu, Biro Misi Internasional membawahi Bagian Perdamaian dan Kemanusiaan (Bag Damkeman) serta Bagian Pengembangan Kapasitas (Kembangtas). Para mahasiswa pengisi sesi sharing ini bercerita bahwa mereka dirotasi di antara bagian-bagian tersebut dan menceritakan pengalaman mereka magang dan deskripsi kerja magang mereka di masing-masing bagian tersebut.

Menurut mereka, persyaratan melamar magang di Div Hubinter Polri antara lain surat keterangan mahasiswa aktif, surat keterangan magang, curriculum vitae (CV), fotokopi transkrip nilai, dan dua buah pasfoto 3×4. Jam kerja magang adalah pukul 07:00-15:00 WIB. Mereka pun menjelaskan dress code mahasiswa magang masing-masing hari. Sesi sharing ini berakhir pada pukul 18:20.

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close