Mahasiswa HI Binus: Pengalaman Magang di Kementerian Luar Negeri RI

Pada semester delapan perkuliahan ini, saya mengikuti program magang yang menjadi salah satu kewajiban dari pihak kampus sebagai salah satu syarat kelulusan. Pada kegiatan magang kali ini, saya mendapatakan kesempatan untuk menjalankan programĀ  magang di Kementerian Luar Negeri RI. Kantornya sendiri bertempat di Jalan Pejambon 1, Jakarta Pusat. Di sini saya ditugaskan di Direktorat Jenderal AMEROP (Amerika dan Eropa), dan ditempatkan di Direktorat Eropa 2. Periode magang saya selama dua bulan, dimana saya memulai kegiatan magang ini dari tanggal 5 Maret dan akan berakhir di tanggal 4 Mei 2018.

Dalam program kegiatan magang ini banyak hal yang saya pelajari tentang dunia pekerjaan. Ini merupakan pengalaman pertama kali saya turun ke dunia kerja. Banyak hal menurut saya yang berbeda antara dunia kerja dan pendidikan yang selama ini saya jalani. Selama magang, saya belajar untuk terus dapat mengikuti ritme dan pola kerja para karyawan di kantor ini. Saya juga belajar untuk bersikap lebih profesional di hadapan orang lain.

Untuk pekerjaan teknisnya sendiri, saya juga banyak belajar hal-hal baru selama mengikuti magang di Kementerian Luar Negeri. Seperti membuat surat penyampaian nota diplomatik, filing data, pengumpulan data atas sebuah kasus internasional terkait, membuat Daily Briefing, dll. Namun selain tugas-tugas kantor tersebut, saya juga mendapatkan kepercayaan dari supervisor saya untuk mengikuti Forum Kerjasama Bilateral RI-Polandia. Dalam acara tersebut saya dapat bertemu dengan wakil menteri luar negeri dan wakil menteri energi Polandia, serta saya juga bertemu dengan Dubes RI untuk Polandia. Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga dimana saya mendapatkan pengalaman diploasi secara nyata.

Yudhistira Krismahadi (1801391412)

Mahasiswa Hubungan Internasional – Binus University