People Innovation Excellence
 

Mahasiswa HI Binus: Pengalaman Magang di Kementerian Luar Negeri RI

Pada semester delapan perkuliahan ini, saya mengikuti program magang yang menjadi salah satu kewajiban dari pihak kampus sebagai salah satu syarat kelulusan. Pada kegiatan magang kali ini, saya mendapatakan kesempatan untuk menjalankan program  magang di Kementerian Luar Negeri RI. Kantornya sendiri bertempat di Jalan Pejambon 1, Jakarta Pusat. Di sini saya ditugaskan di Direktorat Jenderal AMEROP (Amerika dan Eropa), dan ditempatkan di Direktorat Eropa 2. Periode magang saya selama dua bulan, dimana saya memulai kegiatan magang ini dari tanggal 5 Maret dan akan berakhir di tanggal 4 Mei 2018.

Dalam program kegiatan magang ini banyak hal yang saya pelajari tentang dunia pekerjaan. Ini merupakan pengalaman pertama kali saya turun ke dunia kerja. Banyak hal menurut saya yang berbeda antara dunia kerja dan pendidikan yang selama ini saya jalani. Selama magang, saya belajar untuk terus dapat mengikuti ritme dan pola kerja para karyawan di kantor ini. Saya juga belajar untuk bersikap lebih profesional di hadapan orang lain.

Untuk pekerjaan teknisnya sendiri, saya juga banyak belajar hal-hal baru selama mengikuti magang di Kementerian Luar Negeri. Seperti membuat surat penyampaian nota diplomatik, filing data, pengumpulan data atas sebuah kasus internasional terkait, membuat Daily Briefing, dll. Namun selain tugas-tugas kantor tersebut, saya juga mendapatkan kepercayaan dari supervisor saya untuk mengikuti Forum Kerjasama Bilateral RI-Polandia. Dalam acara tersebut saya dapat bertemu dengan wakil menteri luar negeri dan wakil menteri energi Polandia, serta saya juga bertemu dengan Dubes RI untuk Polandia. Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga dimana saya mendapatkan pengalaman diploasi secara nyata.

Yudhistira Krismahadi (1801391412)

Mahasiswa Hubungan Internasional – Binus University


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close