People Innovation Excellence
 

Mahasiswa HI Binus: Pengalaman Magang di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Pada semester delapan saya mengikuti program magang dari kampus sebagai satu syarat kelulusan, di kegiatan magang ini saya melakukan magang/ kuliah kerja praktek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang berlokasi di Plaza Selatan Senayan, Jl. Jend. Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta 10270. Saya diberi kesempatan untuk bertugas di BIRO KLN (Kerja Sama Luar Negeri) Gedung C Kompleks Kemendikbud divisi AMEROP.

Saya mendapatkan banyak pengalaman berharga selama magang berlangsung dimana saya mendapatkan ilmu-ilmu terkait masalah pendidikan, salah satunya adalah bagaimana menerbitkan surat terkait Izin Mengerjakan Tenaga Asing (IMTA) yang membuat saya mengetahui bagaimana proses tenaga asing lebih tepatnya guru dari luar negeri dapat bekerja di negara Indonesia dan memenuhi syarat sebagai pengajar di Indonesia. Saya juga membantu staff untuk merangkum surat perkembangan kerja sama luar negeri yang masuk ke kantor berkaitan dengan program pendidikan dan kebudayaan.

Saya juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam rapat yang membahas finalisasi daftar sekolah calon penerima program ETA (English Teaching Assistanship) – AMINEF T.A. 2018/2019 yang menentukan sekolah sekolah yang layak mendapatkan program ETA tersebut. Dari kegiatan tersebut saya mempelajari bahwa ini adalah salah satu bentuk kerja sama antara negara Indonesia dan Amerika Serikat, dimana Pemerintah Amerika Serikat mencari sukarelawan dari negaranya untuk mengajar bahasa inggris di Indonesia, tepatnya di SMA dan SMK di daerah-daerah di Indonesia. Para sukarelawan ini adalah kebanyakan warga negara biasa dan membantu guru-guru di sekolah dalam mengajarkan pelajaran bahasa inggris kepada para siswa.

Program magang saya berlangsung dari tanggal 9 April –  23 Mei 2018.

(Foto diambil pada tanggal 2 Mei saat wawancara Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia setelah upacara hari pendidikan di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

 

Muhammad Reza Aditya (1801423401)

Mahasiswa Hubungan Internasional-Binus University


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close