People Innovation Excellence
 

Taiwan and the Asia-Pacific: Emerging Trends and Opportunities

 

Jurusan HI BINUS selalu berpartisipasi aktif dalam kegiatan seminar dan konferensi baik dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah mempresentasikan artikel ilmiah dalam konferensi internasional di Manila yang bertajuk “Taiwan and the Asia-Pacific: Emerging Trends and Opportunities”. Dua orang dosen HI Binus yang menekuni bidang Maritime Security Issues yaitu Sukmawani Bela Pertiwi dan mendalami studi tentang Taiwan yaitu Luh Nyoman Ratih Wagiswari menyampaikan hasil karya ilmiah mereka yang berjudul “The Diplomacy of Quasi State in Territorial Disputes: Taiwan in the South China Sea”. Konferensi yang diadakan oleh The University of Philippines Diliman bekerjasa dengan Taipei Economic and Cultural Office in Manila dihadiri oleh sekitar 100 peserta dan 10 pemakalah yang berasal dari Indonesia, Taiwan, dan Filipina sendiri. Konferensi terbagi dalam 3 panel dan tim HI BINUS ditempatkan pada panel 3 dengan tema besar “Power Relations”.

Dalam paparannya, Sukmawani Bela Pertiwi menyampaikan urgensi penelitian ini bagi negara yang berstatus “Quasi State”. Tidak banyak jumlah negara dengan status demikian, namun dalam kasus Taiwan menjadi unik dan menarik karena hubungannya dengan Tiongkok sendiri serta keikutsertaan negara Asia Tenggara lainnya dalam konflik yaitu, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darusalam. Hal ini menjadikan Konflik di Laut China Selatan semakin problematis bagi para pengamat Hubungan Internasional. Para peserta konferensi menunjukan antusiasme mereka selama paparan berlangsung. Hal ini sangat wajar mengingat peserta konferensi kebanyakan berasal dari Filipina, salah satu negara yang memiliki kepentingan di Laut China Selatan. Selepas presentasi, berbagai pertanyaan ditujukan kepada Bela maupun Ratih terkait dengan hasil penelitian mereka.

Konferensi yang berlangsung selama 1 hari ini ditutup dengan pemberian sertifikat kepada setiap pemakalah serta penyajian hidangan sederhana sebagai bagian dari upaya ramah tamah dan networking.

 

Luh Nyoman Ratih Wagiswari Kabinawa

Dosen Hubungan Internasional – Binus University


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close