People Innovation Excellence

Dosen HI Binus: Kerjasama Investasi China di Indonesia Harus Dipandang Positif

Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri China Li Keqiang mempromosikan Asian Games di Istana Bogor (7/5/2018). (Sumber: Antara)

 

 

Prof. Dr. Tirta Mursitama, PhD., Kepala Jurusan sekaligus dosen Hubungan Internasional Binus University memberikan analisisnya terkait Investasi China yang kian melonjak di Indonesia beserta pro-kontra terkait Tenaga Kerja Asing (TKA) China yang berdatangan ke Indonesia. Menurut Prof. Tirta, kerjasama ini harus dipandang positif sebagai upaya pemerintah Indonesia dalam mencari pembiayaan pembangunan. China saat ini tercatat sebagai mitra dagang terbesar ke-empat Indonesia dengan nilai lebih dari US$60 miliar. Naik dari sebelumnya US$48 miliar.Sementara di sektor investasi, China merupakan investor terbesar ketiga dengan total investasi US$3,3 miliar dalam 1977 proyek. Jumlah ini tidak termasuk investor asal Hong Kong.

Artikel yang berisi wawancara Prof. Tirta oleh ABC News dapat dibaca pada tautan berikut:

http://www.abc.net.au/indonesian/2018-05-09/investasi-china-di-indonesia/9741824

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close