People Innovation Excellence
 

Sumbu Dunia Melayu: Peranan Media dalam Mempererat Hubungan Bilateral Malaysia dan Indonesia

Salah satu dosen Hubungan Internasional Binus University yaitu Dr. Lili Yulyadi, B,IRK., B.HSc., M.HSc menuangkan hasil penelitiannya dalam chapter berjudul “Peranan Media dalam Mempererat Hubungan Bilateral Malaysia dan Indonesia” yang merupakan bagian dari buku berjudul “Sumbu Dunia Melayu”. Buku ini merupakan hasil dari penelitian beliau yang sudah dimulai sejak 2013. Chapter yang di tulis oleh pak Lili menjelaskan tentang isu “rumpunisme” sebagai konsep yang bisa menyatukan antara negara-negara yang memiliki persamaan budaya. Pengertian dari “rumpunisme” adalah persamaan dari segi kebudayaan serta adanya proyeksi yang sama dalam arah kebijakan luar negeri kedua negara demi mencapai kepentingan bersama. Untuk tujuan membangkitkan konsep indigenous dalam konteks teori regionalism, teori hubungan bilateral, serta konsep – konsep apa saja yang dapat mempererat kedua negara yang mempunyai budaya yang sama khusus dalam konteks Asia Tenggara antara Indonesia dan Malaysia yang bisa mengeratkan hubungan kedua negara tersebut.

Dalam melakukan penulisan sebuah artikel atau buku pak Lili mengatakan diperlukannya sebuah data yang baru, hal ini juga menjadi salah satu tantangan pak Lili dalam penulisan buku karena data yang harus diratifikasi terlebih dahulu serta perlunya dilakukan penelitian yang tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Buku “Sumbu Dunia Melayu” ini sudah dipublikasikan sejak Januari 2018, namun untuk saat ini masih beredar di negara Malaysia saja. Semoga dalam waktu dekat pembaca Indonesia segera dapat mengakses buku ini.

Hidayah (2001595456)

Mahasiswa HI – Binus University


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close