Delegasi HI Binus dalam PSNMHII ke-30 di Universitas Lampung

Pada tanggal 3-6 Mei 2018, Jurusun Hubungan Internasional Binus University mendelegasikan beberapa mahasiswa untuk mengikuti Pekan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se- Indonesia (PSNMHII) ke- 30, yang dilaksanakan di Lampung, Sumatera Selatan. Delegasi tersebut yaitu Bona Christian, Rizky Novanto, Gabrille Tanarto, dan Dio Dicky Fradana. PSNMHII adalah kegiatan yang dilaksanakan sebelum dimulainya PNMHII (Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia). Kegiatan PSNMHII ke-30 kali ini melingkupi adanya sidang forum, diskusi ilmiah, social venture dan press crops. Namun, delegasi Binus University hanya mengikuti dua kegiatan yaitu sidang forum dan diskusi ilmiah.

Dalam diiskusi Ilmiah yang diwakilkan oleh Gabrille Tanarto dan Dio Dicky Fradana, tema besar yang diangkat dalam paper kali ini yaitu “Think Globally, Act Locally : The New Challenges of New Digitalization Era”. Melalui tema tersebut peserta diberikan kesempatan untuk menganalisis fenomena HI yang terjadi dalam bidang keamanan, sehingga dalam paper ini diangkatlah sub tema yaitu “Implikasi Cyber Power dan Kosmopolitanisme Terhadap Aktivitas Terorisme di Indonesia pada Era Digitalisasi”. Paper ini menjelaskan fenomena terorisme yang terjadi di Indonesia serta rekomendasi kebijakan yang dapat diambil oleh pemerintah dalam menyikapi aksi terorisme melalui media sosial. Diskusi ilmiah di PSNMHII ke-30 ini diikuti oleh 50 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri ketika Binus University mampu mencapai peringkat 5 teratas dalam diskusi ilmiah bagian sektor keamanan.

Selain itu, perwakilan Binus University juga mengikuti sidang forum yang merupakan kegiatan rapat antar wilayah koordinasi universitas HI se-Indonesia. Dalam kegiatan ini, setiap perwakilan membicarakan ide kegiatan ataupun permasalahan dan kendala yang dialami setiap wilayah koordinasi. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan seluruh universitas dari Sabang sampai Merauke. Dalam Sidang Forum tersebut, perwakilan Binus yaitu Bona Christian dipercayakan sebagai presentator milestone seluruh univeristas di Koordiasi Wilayah II, yang beranggotakan sekitar 20 universitas.

Dalam PSNMHII ini, peserta juga diberikan kesempatan untuk lebih mengenal kebudayaan kota Lampung melalui berbagai kegiatan yang dilakukan bersama pemerintah lokal dalam kegiatan city tour.

Gabrille M Tanarto – (2001566286)