Ketua Jurusan HI BINUS Menjadi Research Fellow di Budapest Business School (BBS) University of Applied Science

Pada tanggal 30 April-12 Mei 2018 Prof. Dr. Tirta N. Mursitama, PhD., Kepala Jurusan Hubungan Internasional BINUS University, berkesempatan menjadi research fellow dalam program Short-term Residential Research Fellowship di Budapest Business School (BBS) University of Applied Science, Hungaria. Pada hari pertama Prof. Tirta memulai aktivitas sebagai research fellow dengan bertemu Rektor Prof. Dr. Heidrich Balazs, memberikan komentar presentasi mahasiswa master Bisnis Internasional di kelas Global Strategy for the Companies yang diampu Prof. Dr. Tamas Novak, dan mengikuti kuliah program master Hubungan Internasional sesi Hungarian Foreign Policies yang diajarkan Prof. Dr. Janos Vandor.

Prof. Tirta melakukan penelitian tentang peningkatan kerjasama ekonomi dalam hubungan Indonesia dan Hungaria. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mewawancarai beberapa pihak, antara lain: H.E. Wening Hesti Probo sebagai Duta Besar Indonesia untuk Hungaria; Bapak Addy P. Soemantry sebagai Direktur Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest; dan Dr. Janos Sipos yang merupakan Direktur Jendral Departemen Asia Pasifik, Kementerian Luar Negeri Hungaria.

Selain melakukan penelitian Prof. Tirta juga melakukan kunjungan kerja dan berdiskusi dengan Prof. Dr. Katalin Cseko Gulyas, PhD, yang merupakan Dekan Fakultas Bisnis dan Manajemen Internasional, Budapest Business School University of Applied Sciences. Keduanya didampingi oleh Dr. Csaba Moldicz and Prof. Dr. Tamas Novak dalam mendiskusikan kemungkinan kolaborasi riset, pertukaran pelajar, dan online learning (global learning system) untuk beberapa mata kuliah.

Selama berada di Hungaria, Prof. Tirta juga berkesempatan menghadiri ‘Indonesian Days’ di Budapest. Acara ini diselenggarakan oleh KBRI dan ITPC dan menghadirkan pameran dan bazaar kebudayaan dan kuliner Indonesia. Prof. Tirta memperoleh sambutan hangat dari H.E. Wening Hesti Probo dalam acara tersebut.