People Innovation Excellence
 

The 27th Kijang Initiatives Forum (KIF): The Diplomacy of Quasi State in Territorial Dispute: Taiwan in the South China Sea

Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara mengadakan Kijang Initiative Forum yang ke – 27 pada hari Rabu tanggal 16 Mei2018. Diskusi yang dihadiri para dosen ini membicarakan quasi state yang bukan merupakan isu umum dalam Hubungan Internasional (HI), dan bagaimana perkembangan konseptual dan teoritis terkait quasi state belum berkembang begitu baik dalam HI. Dalam diskusi ini, tiga dosen HI Binus, yakni Sukmawani Bela Pertiwi, Luh Nyoman Ratih Wagiswari Kabinawa, dan Rangga Aditya Elias memaparkan penelitiannya terkait topik ini.

Quasi State semakin hadir dalam studi HI setelah fenomena globalisasi. Banyaknya quasi state yang terlibat dalam konflik menuntut resolusi pemahaman tentang quasi state, termasuk Taiwan dalam sengketa Laut Cina Selatan. Quasi state bertahan dalam kelemahan hukum dan politik yang mengakibatkan diplomasi yang dilakukan Taiwan dapat dijelaskan dengan menggunakan teori diplomasi negara-negara lemah yang mencakup diplomasi multi-track untuk menangani kelemahan hukum dan kelemahan politiknya.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close