The 27th Kijang Initiatives Forum (KIF): The Diplomacy of Quasi State in Territorial Dispute: Taiwan in the South China Sea

Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara mengadakan Kijang Initiative Forum yang ke – 27 pada hari Rabu tanggal 16 Mei2018. Diskusi yang dihadiri para dosen ini membicarakan quasi state yang bukan merupakan isu umum dalam Hubungan Internasional (HI), dan bagaimana perkembangan konseptual dan teoritis terkait quasi state belum berkembang begitu baik dalam HI. Dalam diskusi ini, tiga dosen HI Binus, yakni Sukmawani Bela Pertiwi, Luh Nyoman Ratih Wagiswari Kabinawa, dan Rangga Aditya Elias memaparkan penelitiannya terkait topik ini.

Quasi State semakin hadir dalam studi HI setelah fenomena globalisasi. Banyaknya quasi state yang terlibat dalam konflik menuntut resolusi pemahaman tentang quasi state, termasuk Taiwan dalam sengketa Laut Cina Selatan. Quasi state bertahan dalam kelemahan hukum dan politik yang mengakibatkan diplomasi yang dilakukan Taiwan dapat dijelaskan dengan menggunakan teori diplomasi negara-negara lemah yang mencakup diplomasi multi-track untuk menangani kelemahan hukum dan kelemahan politiknya.