People Innovation Excellence
 

Pembangunan Kota dan Ekonomi Politik Perdagangan: Perspektif Dari DKI Jakarta

Pada hari Rabu tanggal 4 Juli 2018, Departmen Hubungan Internasional BINUS University kembali mengadakan International Relations Lecture Series (IRLS). IRLS yang diadakan di penghujung semester genap 2017-2018 ini menghadirkan Patrya Pratama yang merupakan Senior Policy Analyst dari Tim Gubernur DKI Jakarta. Tema yang diangkat dalam IRLS kali ini adalah: “Pembangungan Kota dan Ekonomi Politik Perdagangan: Perspektif Dari DKI Jakarta.” IRLS ini dihadiri oleh mahasiswa HI BINUS University dari streaming trade and diplomacy, Prof. Dr. Tirta Mursitama, PhD selaku Ketua Jurusan Hubungan Internasional dan para dosen.

Menurut Patrya Pratama, pembangunan kota merupakan hal yang strategis dalam perdagangan internasional. Secara demografis, kota adalah tempat dimana sebagian besar penduduk dunia tinggal. Oleh karena itu, peran pemerintah kota, gubernur dan infrastrukturnya menjadi penting bagi  sebuah negara yang berambisi untuk sukses dalam perdagangan internasional. Terlebih bagi Indonesia yang memiliki kebijakan desentralisasi. Ketimpangan sosial dan kualitas sumber daya manusia merupakan dua karakteristik dari sebuah kota yang dapat mempengaruhi keunggulan komparatif sebuah negara di dalam perdagangan internasional. Untuk mendukung negara mencapai keunggulan komparatif dalam perdagangan internasional, pemerintah kota hendaknya memaksimalkan kebijakan desentralisasi untuk menciptakan kemudahan berbisnis; meningkatkan kuantitas sumber daya manusia yang berkualitas; serta mendorong inovasi dan penggunaan teknologi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close