People Innovation Excellence
 

Mahasiswi HI BINUS di Colorado Mesa University USA

Halo! Saya Sinta Puspita Sari, mahasiswi HI Binus dengan peminatan Contemporary Issues & The New Media. Saat ini saya sedang melakukan pertukaran pelajar ke Amerika Serikat melalui International Student Exchange Program (ISEP) yang difasilitasi oleh International Office dari BINUS University. Pada awalnya, saya diharuskan untuk memilih 10 universitas tujuan yang saya minati, namun pada akhirnya saya terpilih untuk bisa belajar dan melakukan pertukaran pelajar di Colorado Mesa University, Grand Junction, Colorado, USA. Saya memilih universitas ini karena saya setelah saya melakukan research, saya menemukan lingkungan kampus yang dikelilingi oleh pegunungan dan memberikan suasana yang nyaman untuk belajar dan mendapatkan pengalaman baru di negeri Paman Sam ini.

Sejak awal saya menjadi mahasiswa HI di BINUS University, saya memang sudah tertarik untuk melakukan program pertukaran pelajar. Terlebih lagi Binus memiliki program 3+1 yang dimana dalam 2 semester mahasiswa dibebaskan untuk memilih jalur studi di luar perkuliahan reguler. Saya pun memutuskan untuk melakukan pertukaran pelajar ini untuk 1 semester di semester ke-5. Saya melakukan persiapan yang cukup panjang sebelum saya bisa berangkat untuk melakukan pertukaran pelajar ini, Dimulai dari menggali informasi dari International Office (IO) Binus University mengenai berbagai program pertukaran pelajar yang ditawarkan hingga mempelajari tentang ISEP, dimana BINUS University menjadi member dari lembaga tersebut.  Melalui program ISEP saya mendapat kesempatan untuk belajar di lebih banyak pilihan universitas di berbagai negara. Bagi saya, kesempatan untuk melakukan student exchange ini sangat berharga untuk memperoleh berbagai pengalaman yang menarik. Oleh karena itu, saya bertekad sejak awal untuk memilih negara yang memiliki kebudayaan dan kebiasaan yang sangat berbeda dengan budaya Indonesia.

Di kampus saya di Amerika Serikat, Colorado Mesa University, saya mengambil mata kuliah yang terkait dengan ilmu Hubungan Internasional dan streaming Contemporary Issues & The New Media yang saya pelajari di BINUS, antara lain: Impact/History, Media Theory Introduction, American Government, dan English Composition. Dalam menjalani mata kuliah tersebut, saya menemukan banyak kebudayaan menarik yang cukup berbeda dengan budaya universitas di Indonesia. Mahasiswa dan dosen di Amerika cenderung berpakaian santai. Selain itu terdapat juga mahasiswa senior dengan usia yang jauh dari usia rata-rata mahasiswa pada umumnya di Colorado Mesa University. Meskipun demikian, semangat belajar beliau masih sangat tinggi dan sangat aktif di dalam kelas. Saya mengamati bagaimana mahasiswa di Amerika lebih vokal dalam menyampaikan pendapat dan berdiskusi dengan dosen di kelas.  Kami sering mendiskusikan berita-berita terbaru serta perkembangan teknologi media yang bisa mempengaruhi kehidupan masyarakat/ penonton/ pengguna media. Selama belajar di Amerika, saya bertemu dengan teman-teman dengan latar belakang kebudayaan yang unik dan berbeda.

Demikanlah cerita pengalaman saya dalam melakukan program pertukaran pelajar di Amerika Serikat. Semoga cerita ini bisa menginspirasi teman-teman untuk mengejar mimpi dan cita-cita belajar sampai ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat!

Don’t let the fear control you. Fight and just go get your dreams because everything is possible if you want to try!

Sinta Puspita Sari (2001606371)

Mahasiswi HI Binus

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close