People Innovation Excellence
 

Mahasiswi HI Binus di ICHEC Brussels Management School

Nama saya Gita Anggastra, mahasiswa Hubungan Internasional BINUS University. Seperti yang kita ketahui, BINUS merupakan universitas yang tidak hanya mendidik mahasiswa tetapi juga mendorong para Binusian untuk mengembangkan kemampuan (skills) mereka sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Salah satu program yang ditawarkan adalah program 3+1, dimana kami para mahasiswa diwajibkan menempuh kegiatan enrichment di luar perkuliahan reguler selama 1 tahun (2 semester). Melalui program 3+1 ini, saya memutuskan untuk mengambil track study abroad (pertukaran pelajar) selama 1 semester. Setelah melalui proses seleksi baik di BINUS maupun kampus yang akan dituju, saya terpilih untuk melakukan program pertukaran pelajar di ICHEC Brussels Management School, Brussel, Belgia. ICHEC sendiri merupakan kampus yang memfokuskan kurikulum mereka pada manajemen dan bisnis dengan basis pada wilayah Eropa.

Selama melakukan perkuliah di ICHEC, saya mengambil 5 mata kuliah, antara lain CSR and Ethics, Intercultural Topics, European Management, European Economic, dan kelas Bahasa Perancis. Meskipun saya tidak memiliki latar belakang pendidikan bisnis ataupun manajemen terdapat beberapa mata kuliah yang saya rasa dapat membantu untuk persiapan memasuki dunia kerja, antara lain CSR and Ethics, Intercultural Topics, dan European Management. Melalui 3 mata kuliah ini, saya mendapat pengetahuan bagaimana cara beradaptasi di dunia kerja serta cara membangun/ mengembangkan perusahaan ataupun organisasi dengan mempertimbangkan keberagaman etnik, budaya, ekosistem, dan regulasi pemerintah. Disisi lain, mata kuliah European Economic dapat membantu saya memperdalam pengetahuan akan perekonomian di Uni Eropa dan sejarah perkembangan mereka hingga menjadi salah satu organisasi regional yang cukup kuat.

Tidak hanya belajar, saya juga memperoleh kesempatan untuk mengikuti beragam kegiatan yang diorganisir oleh Erasmus Student Network ICHEC. Kegiatan-kegiatan ini ditujukan untuk membantu para pelajar asing untuk menambah pengalaman internasional mereka selama menjadi mahasiswa di ICHEC, Belgia. Kegiatan ini sendiri terdiri dari pengadaan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah ataupun beberapa kota yang ada di Belgia, perhelatan acara untuk bertemu mahasiswa pertukaran pelajar dari seluruh universitas di Brussel, dan mengikuti festival-festival yang ada di Brussel. Selain itu, kampus ICHEC juga sering mengadakan seminar-seminar melalui mata kuliah mereka, dengan menghadirkan narasumber-narasumber dari perusahaan ternama ataupun cendikiawan yang memiliki latarbelakang manajemen dan bisnis yang kredibel.

Program pertukaran pelajar ini telah mengajarkan saya banyak hal yang tidak bisa didapatkan melalui perkuliahan reguler ataupun track lain yang ada dalam program 3+1. Dengan bertemu banyak orang dari negara-negara lain, secara tidak langsung saya telah mengembangkan networking serta menambah pengetahuan saya akan keberagaman budaya-budaya dari negara lain. Saya juga dapat mengajarkan dan mengenalkan Indonesia kepada orang-orang dari negara lain, baik melalui bahasa, kuliner, musik, dll. Sebagai mahasiswa HI BINUS, saya merasa beruntung mendapat kesempatan untuk belajar di Brussel yang merupakan pusat politik dari Uni Eropa. Kesempatan ini membantu saya untuk memperdalam pengetahuan akan politik Uni Eropa dengan mengikuti seminar ataupun kunjungan di European Commission. Selain itu, saya juga telah menambah pengetahuan akan sistem pendidikan/ kerja yang digunakan di Brussel ataupun orang-orang dari negara lain, dimana saya belajar banyak prinsip-prinsip positif yang dapat saya terapkan dalam kehidupan saya ke depan.

            Pertukaran pelajar merupakan program 3+1 yang menawarkan banyak manfaat dan tidak dapat dilewatkan, khususnya bagi pelajar yang suka tantangan dan mencari pengalaman internasional!

 

Gita Anggastra

Mahasiswi HI BINUS

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close