People Innovation Excellence
 

Pengalaman Mahasiswi HI BINUS di Negara Asal K-Pop

Halo, semuanya! Aku Jane Inke mahasiswa HI BINUS dari streaming kajian keamanan, salam kenal. Aku merupakan salah seorang mahasiswi yang mengambil study abroad untuk program 3+1 dengan tujuan Universitas Kyung Hee (KHU) di Korea Selatan. Aku berangkat ketika aku memasuki semester 7, saat fall semester. Selama menjadi exchange student di Korea Selatan, aku tinggal di asrama yang letaknya masih satu komplek dengan KHU yaitu 세화원기숙사atau Sewha Dormitory. Periode tinggalku di sana dimulai dari 28 Agustus sampai 27 Desember 2018.

Perkuliahan di sini memiliki beberapa perbedaan dari perkuliahan di Universitas Bina Nusantara. Aku mengambil empat mata kuliah yaitu Cultural Heritage of Korea: Sound, Color, Line, and Taste; KOREA: Land and People; Civil War and Political Violence, dan Korean 1 Language Class. Tidak seperti Binus yang sudah dipaketkan, berkuliah di Korea Selatan mengharuskan kita untuk melakukan registrasi pada mata kuliah yang diinginkan beberapa bulan sebelum dimulainya perkuliahan. Secara umum, registrasi dilakukan online dan setiap mata kuliah memiliki kuota mahasiswa. Kuota ini yang menyebabkan persaingan ketat antar mahasiswa agar terdaftar di kelas yang diminati. Selain itu, masing-masing mata kuliah memiliki jadwal kelas yang biasanya mengulang setiap selang satu hari dan jadwal kelas sudah tertera di syllabus dari saat registrasi mata kuliah. Sebagai contoh, dua mata kuliah yang aku sebutkan di awal memiliki kelas setiap Senin dan Rabu, sedangkan dua mata kuliah lainnya di hari Selasa dan Kamis. Tidak semua mata kuliah diadakan mid-term exam seperti mata kuliah Civil War and Political Violence, namun semuanya tetap memiliki final exam. Jika ujian di Binus, khususnya jurusan HI, menjawab pertanyaan tipe essay atau mengumpulkan tugas, di sini soal bisa saja diberikan dengan tipe multiple choice, true or false, fill in the blank, dan essay. Walaupun begitu, ujian tetaplah sulit jadi tetap fokus belajar, ya!

Di samping itu, aku juga mendapatkan pengalaman menarik dari program ini. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, persaingan untuk mendapatkan kelas di sini cukup ketat. Saat masih masa registrasi kelas, aku gagal mendapatkan satu kelas karena kalah cepat dari mahasiswa lain meskipun baru lewat dua menit dari jam buka registrasi online. Masukan dariku, prioritaskan mata kuliah yang kalian wajib ambil karena secepat apapun kalian, tetap ada kemungkinan kelas itu penuh. Selain itu, masing-masing dari kita akan mengalami fase homesick. Saranku untuk menghadapi homesick adalah dengan menetapkan mindset untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya selagi di host country seperti fokus mengikuti kelas, mencoba semua hidangan khas negara tersebut, travelling, dan khusus Korea Selatan, menonton konser K-Pop. Banyak free concert –loh! Biasanya universitas-universitas di Korea Selatan akan mengadakan festival setiap musim semi dan gugur jadi coba cari teman dari universitas lain agar tetap up-to-date. Terakhir, yang pasti akan kalian dapatkan adalah kesempatan bersosialisasi dan mendapatkan teman-teman baru dari berbagai negara di dunia.

Aku sangat merekomendasikan study abroad untuk pilihan program 3+1 khususnya kalian yang mengambil jurusan HI. Program 3+1 study abroad ini merupakan salah satu cara kalian agar mendapatkan pengalaman berinteraksi dan belajar di lingkungan internasional. Walaupun banyak hal menarik yang bisa dilakukan selama di host country, tetapi jangan lupa untuk tetap mengejar ilmu ya!

Jane Inke (190150099)

Mahasiswi HI BINUS- Streaming Security Studies


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close