People Innovation Excellence
 

Indonesian Maritime Diplomacy; Global Maritime Fulcrum and Beyond

 

The 29th Kijang Initiative Forum

Pada tanggal 13 November 2018 Departemen Hubungan Internasional BINUS University menyelenggarakan Kijang Initiative Forum (KIF) dengan pembicara Dr. Rizal Sukma yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris. Tema yang diangkat dalam KIF kali ini adalah Diplomasi Maritim Indonesia sebagai bagian dari visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Menurut Dr. Rizal Sukma abad 21 ini merupakan abad maritim, Indonesia harus mempertimbangkan bagaimana memposisikan diri, mengingat negara kita merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lautan. Indonesia di era Presiden Jokowi membangun strategi kelautan dengan dua fokus. Fokus yang pertama adalah mengkonsolidasikan kerangka kebijakan strategis kelautan Indonesia yang dilakukan dengan menetapkan regulasi dan kebijakan kelautan Indonesia. Sementara fokus yang kedua adalah penguatan pondasi dan pembangunan infrastruktur laut di dalam negeri.

Dari perspektif Hubungan Internasional, Indonesia juga sedang giat mengembangkan pilar ke-7 dari strategi poros maritim dunia, yakni diplomasi maritim. Dr. Sukma menjelaskan lebih jauh mengenai pengertian diplomasi maritim yang masih kurang dipahami oleh masyarakat Indonesia. Definisi diplomasi maritim yang dianut oleh Indonesia menurut beliau adalah bagaimana sebuah negara menggunakan potensi maritimnya untuk mencapai kepentingan nasional.

 

.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close