Kunjungan Mahasiswa IR Binus ke AIPA Secretariat dan DPR/MPR RI

Pada 7 Desember 2018, tidak kurang dari 80 mahasiswa BINUS yang terdiri atas gabungan tiga kelas, yakni dari kelas Indonesia in Perspective LE66 semester I yang diampu oleh mbak Arthanami, IR Global Class semester III, dan beberapa mahasiswa asing dari BINUS Internasional yang berasal dari Malaysia, Filipina, Gambia, Zimbabwe, Ceko, hingga Australia, mengunjungi DPR/MPR RI dan Sekretariat AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly) yang bertempat di lokasi yang sama.

Rombongan diterima di Gedung Nusantara III dengan disambut oleh Sekretaris Jenderal DPR RI, Ir. Indra Iskandar, M. Si bersama deputi bidang persidangan, ibu Dra. Damayanti, M.Si, ibu Endah Tjahjani Dwirini R., S.S., M.Phil (Kepala Biro Kerja Sama Antar Parlemen), bapak Mr. Mario Pandu Dewono (Deputy Secretary General of AIPA), ibu Putri Maha Lima (Directorate of Policy, Education and Publicity of AIPA), beserta para staf AIPA Secretariat. Tujuan kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly), termasuk apa yang mereka lakukan untuk mendorong pemahaman, kerja sama, dan hubungan erat di antara Anggota Parlemen serta Parlemen Anggota Pengamat (Observer Member Parliament) dan organisasi parlemen lainnya. AIPA juga memainkan peran instrumental dalam membiasakan masyarakat Asia Tenggara dengan kebijakan yang bertujuan mempercepat realisasi Komunitas ASEAN pada tahun 2015.

Acara diselenggarakan dalam tiga sesi yang dimulai dari sambutan oleh Sekretaris Jenderal DPR RI dan Biro Kerjasama Antar Parlemen yang memperkenalkan konsep diplomasi antar parlemen, paparan tentang AIPA oleh Direktorat Kebijakan, Pendidikan dan Publisitas AIPA, serta ditutup dengan kunjungan ke Sekretariat AIPA di Gedung Nusantara III lantai 6 serta Ruang Rapat Paripurna I.