“Road to Indonesia to Visegrad Forum: Business Perspective”

Pada tanggal 15 Februari 2019, Paramitaningrum mengikuti Focus Group DiscussionRoad to Indonesia to Visegrad Forum: Business Perspective,” di Jakarta. Visegrad Forum atau Visegrad Four adalah empat negara yang berada dikawasan Eropa Tengah dan Timur, yakni Polandia, Hungaria, Cheko dan Slovakia.

Jpeg

 

Diskusi diawali dengan pidato pembukaan dari Kepala BPPK (Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan) Kemlu, Dr. Siswo Pramono, dan Bapak Hendra Halim, Director of European Affairs II, Kemlu, serta pemaparan tentang Kawasan Visegrad Four dari Kepala Program studi Pascasarjana Kajian Wilayah Eropa Universitas Indonesia, Dr. Henny Saptatia Drajati Nugrahani, S.S., M.A. secara umum ketiga pembicara kunci ini menyatakan potensi Kawasan Visegrad Four yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia, dilihat dari segi lokasi geografis, kapasitas ekonomi, industri, dan sumber daya manusia, serta keanggotaan negara-negara ini di Uni Eropa. Oleh karena itu FGD ini ditujukan untuk merumuskan strategi yang tepat bagi Indonesia untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, investasi serta memperluas akses barang bagi barang produksi Indonesia dan sebaliknya.

Selain itu, ada pula presentasi dari para duta besar dari anggota Visegrad Four, yakni Duta Besar Republik Cheko, Ivan Hotek, Duta Besar Republik Hongaria, Judith Pach, Duta Besar Republik Polandia, Beata Stozcynska, dan Duta Besar Slovakia, Jaroslav Chlebo.  Masing-masing mengungkapkan minat pemerintah negara mereka untuk berinvestasi di Indonesia, serta memperluas kerjasama di bidang Pendidikan, Kepariwisataan, dan kesehatan. Namun hal ini terkendala dengan infrastruktur, ketersediaan informasi, serta kapasitas sumber daya manusia yang masih belum memadai di Indonesia.

Sementara itu, Ibu Shinta W. Kamdani yang mewakili para pengusaha menegaskan bahwa yang dibutuhkan oleh kelompok pengusaha adalah pemahaman dan informasi yang komprehensif terhadap kondisi pasar serta sector-sektor strategis yang bisa dijadikan peluang untuk berinvestasi serta menjalin kemitraan. Oleh karena itu, publikasi laporan seperti Market Intelligence menjadi penting.

Jpeg

 

Diskusi ini dihadiri oleh para staf kementerian yakni Kementerian Perdagangan, Pertanian, Kemaritiman, Perhubungan, Tenaga Kerja, BNP2TKI, serta pihak-pihak yang mewakili Lembaga non-kementerian terkait, seperti Kadin, dan LPDP.

Di bagian ini, disimpulkan bahwa kerjasama antara Indonesia dan negara-negara Visegrad Four, perlu diperluas di bidang Pendidikan dan ketenagakerjaan, mengingat peluang yang sangat besar dan dianggap bisa mendukung bentuk kerjasama yang sudah ada.

Paramitaningrum