People Innovation Excellence
 

Penangkapan Brenton Tarrant: Menghentikan Terorisme ke kekerasan berikutnya

Sumber: tempo.co

Selandia Baru – Kejadian memilukan yang terjadi di kota Christchruch pada hari Jumat (15/3/2019) merupakan ironi bagi negara terdamai kedua di dunia 2018, Selandia Baru. Penembakan yang dilakukan secara membabi buta oleh pria asal Australia, Brenton Tarrant (28) terjadi di dua masjid (Al Noor dan Linwood) di kota Christchruch saat para korban tengah melaksanakan shalat Jumat.

Pejabat tinggi kepolisian Selandia Baru memberikan pernyataan bahwa teroris yang melakukan penyerangan di dua masjid tersebut telah ditangkap oleh pihak kepolisian setempat saat sedang menuju ke lokasi penyerangan berikutnya, seperti dikutip dari CNN pada Rabu (20/3/2019). “Kami sangat yakin telah menghentikan dia dalam perjalanan menuju ke lokasi serangan berikutnya” ujar Mike Bush, Komisaris Polisi Christchruch, Selandia Baru.

Jumlah korban meninggal akibat tragedi itu mencapai 50 orang. Para korban yang meninggal merupakan pendatang muslim dari berbagai negara, antara lain Indonesia, Pakistan, Bangladesh, India, Turki, Kuwait, Somalia, dan lainnya. Dilansir Reuters, proses pemakaman korban meninggal akibat teror Christchurch telah dilaksanakan pada hari Selasa (19/3/2019), liang lahat sudah digali di taman pemakaman setempat untuk menguburkan jenazah para korban. Bentuk solidaritas dari berbagai macam penjuru dunia hadir usai terjadinya insiden itu, salah satunya dari sejumlah relawan luar Selandia Baru yang berdatangan untuk membantu proses pemakaman para korban.

Terkait dengan kepemilikan senjata, Kepala Sensor David Shanks telah melarang masyarakat untuk memiliki dan mendistribusikan senjata. “Hal ini mendorong tindakan pembunuhan dan kekerasan teroris terhadap sekelompok masyarakat yang sudah diidentifikasi. Mengidentifikasi lokasi untuk melakukan serangan di Selandia Baru dan melihat berbagai cara dan jenis serangannya bisa saja dilakukan yang mana merupakan pembenaran atas tindakan kekerasan seperti pembunuhan anak-anak yang disengaja”, jelasnya.

Seperti yang diwartakan Newshub, dokumen terkait kepemilikan senjata dipublikasikan secara online dan diterima oleh beberapa pihak termasuk Perdana Menteri hanya beberapa menit sebelum tersangka melakukan aksinya. Shanks berujar bahwa semua dokumen yang telah dipublikasikan dan dicetak harus dimusnahkan, tetapi tetap menghargai pihak-pihak yang akan memiliki Salinan untuk tujuan yang diperlukan seperti analisis, pendidikan, dan laporan khusus. Pihak-pihak tersebut wajib mengajukan permohonan sah untuk mengakses dokumen tersebut.

Diberitakan oleh Stuff, Dr. Bryce Edwards dari Institut Studi Tata Kelola dan Kebijakan Universitas Victoria, mengungkapkan bahwa sikap simpati dan empati dalam pidato Jacinda Ardern di Christchurch merupakan tindakan pragmatisme strategis yang memiliki banyak makna. Makna tersebut dapat berupa usaha untuk memastikan divisi yang dicari oleh pelaku untuk disebarkan diantara masyarakat muslim dan komunitas besar di Selandia Baru. Ardern juga ingin mencegah potensi perang budaya dengan mengenali rasisme sebagai akar sebab penyerangan dan menggunakan hak untuk menyekat komunitas Islam dan imigrasi, dan merupakan saran polisi dan badan intelijen.

 

Referensi:

  • Amirullah. (2019, Maret 20). Teroris Penyerang Dua Masjid di Selandia Baru Ditangkap Polisi Saat Menuju Lokasi Ketiga. Retrieved Maret 21, 2019, from Serambi News: http://aceh.tribunnews.com/2019/03/20/teroris-penyerang-dua-masjid-di-selandia-baru-ditangkap-polisi-saat-menuju-lokasi-ketiga
  • O’Malley, N., & Snow, D. (2019, Maret 23). Christchurch mosque shooting: A masterclass from New Zealand in responding to terror. Retrieved Maret 23, 2019, from Stuff: https://www.stuff.co.nz/national/christchurch-shooting/111502558/christchurch-mosque-shooting-a-masterclass-from-new-zealand-in-responding-to-terror
  • Pemakaman Korban Teror di Selandia Baru Dimulai Hari ini. (2019, Maret 19). Retrieved Maret 21, 2019, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20190319124800-113-378660/pemakaman-korban-teror-di-selandia-baru-dimulai-hari-ini
  • Rizqa, H. (2019, Maret 15). Ironi Selandia Baru, Negara Kedua Terdamai di Dunia 2018. Retrieved Maret 21, 2019, from Khazanah Republika: https://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/dunia/poehya458/ironi-selandia-baru-negara-kedua-terdamai-di-dunia-2018
  • Satherley, D. (2019, Maret 23). Christchurch terror attack: Censor bans gunman’s manifesto. Retrieved Maret 23, 2019, from Newshub: https://www.newshub.co.nz/home/new-zealand/2019/03/christchurch-terror-attack-censor-bans-gunman-s-manifesto.html

 

Reporter         :           Luthfiana Utami   l IRB News

Editor             :           Elsa Louserna       l IRB News


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close