People Innovation Excellence
 

#53th IR Lecture Series – China’s Counter-Hegemony: A Neo-gramscian Perspective with Srdjan Vucetic

Jakarta – Pada tanggal 26 April 2019, Departemen Hubungan Internasional kembali mengadakan IR Lecture Series (IRLS). Ini merupakan acara IR Lecture Series yang ke-53, yang kali ini mengangkat topik “China’s Counter Hegemony? A Neo-Gramsician Perspective” yang dibawakan oleh Assoc Prof. Srdjan Vucetic dari Ottawa University. Acara ini juga dihadiri oleh Prof. Tirta Nugraha Mursitama sebagai wakil rektor bidang riset dan transfer teknologi, bersama sejumlah dosen jurusan Hubungan Internasional Bina Nusantara, seperti Dinna Wisnu, M. Faisal karim, dan Lili Yulyadi.

Assoc. Prof. Srdjan Vucetic (University of Ottawa) bersama Lili Yulyadi dan M. Faisal Karim (Departemen Hubungan Internasional Binus)

 

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Prof. Tirta mewakili Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara. Lalu dilanjutkan dengan persentasi dari Prof. Srdjan yang pertama-tama mengelaborasikan tentang posisi regional hegemoni China yang mulai mengancam hegemoni Amerika Serikat. Beliau kemudian melanjutkan dengan menjelaskan tentang Perspektif Neo-Gramsician, hingga memberikan analisa bagaimana fenomena hegemoni China dijelaskan melalui perspektif Neo-Gramsician yang menitikberatkan pembahasan pada adanya blok-blok perdagangan baru (new mercantilist blocs) dan pentingnya massa dikaburkan kesadarannya melalui budaya populer seperti film, novel, media massa, dan sebagainya. 

IR Lecture Series semakin menarik ketika memasuki sesi diskusi, mahasiswa-mahasiswa HI Binus melontarkan berbagai macam pertanyaan seperti bagaimana relasi antar US dan China mempengaruhi fenomena hegeomoni tersebut, bagaimana kondisi ekonomi dunia saat ini mempengaruhi struggle of power untuk menjadi hegemon, bagaimana perspektif Neo-Gramsican dapat menjelaskan International order, dan lain-lain.

Suasana Ruang M2B Kampus Kijang yang penuh sesak, tempat penyelenggaraan IRLS #53

 

Suasana Ruang M2B Kampus Kijang yang penuh sesak, tempat penyelenggaraan IRLS #53

 

Setelah sesi ini selesai, acara ditutup dengan foto bersama antara perwakilan HI Binus, para mahasiswa, dan Prof. Srdjan.

Assoc. Prof. Srdjan Vucetic (University of Ottawa) bersama Dinna Wisnu dan M. Faisal Karim (Departemen Hubungan Internasional Binus)

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close