Beasiswa ADS 2012-2013

Australian Development Scholarships (ADS) adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Australia melalui AusAID untuk program studi S2 dan S3 di universitas-universitas Australia. Tujuan utama dari beasiswa ADS adalah untuk bekerja sama dengan pemerintah Republik Indonesia menuju Indonesia yang makmur, demokratis dan aman melalui penyediaan program beasiswa S2 dan S3.

Pada periode 2012-2013, proses aplikasi Australian Development Scholarships (ADS) dan Australian Leadership Award Scholarships (ALAS) akan digabung. Pelamar ADS dapat memperoleh tambahan program Leadership Award sebagai bagian dari beasiswa ADS, dengan mengidentifikasikan keinginan untuk mendapatkan tambahan tersebut pada saat mendaftar.

Beasiswa ini terbuka bagi sektor pemerintah dan swasta. Prioritas diberikan untuk bidang-bidang studi yang menunjang tujuan peningkatan kemampuan sumber daya manusia Indonesia dan pembangunan yang akan mendukung:

  • Pertumbuhan berkelanjutan dan manajemen ekonomi;
  • Investasi untuk pembangunan manusia;
  • Demokrasi, keadilan dan pemerintahan yang baik;
  • Keamanan dan perdamaian.

Dari waktu ke waktu, pemerintah Indonesia dan Australia selalu meninjau kembali kriteria-kriteria dan menyesuaikan tujuan utama dari program beasiswa ini.

Kecakapan dan kesetaraan sangat diutamakan. Jumlah beasiswa yang sama diberikan untuk wanita dan pria. Untuk periode 2012-2013, 85% diberikan untuk level Master dan 15% untuk level PhD. Beasiswa ADS diprioritaskan bagi wanita dan penyadang disabilitas, juga dialokasikan ke propinsi-propinsi yang menjadi target Strategi Kerjasama Pembangunan Australia Indonesia 2008-2013. Untuk tahun 2012-2013 prioritas diberikan kepada geographic focus area, yaitu Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Aceh.

Seleksi
Beasiswa diberikan berdasarkan asas kecakapan persamaan. Panitia gabungan penyeleksi dengan wakil dari Australia dan Indonesia menilai para calon penerima beasiswa. AusAID menentukan banyaknya beasiswa yang tersedia dalam tiap kategori. Proses transparan dengan kriteria dan persyaratan penyeleksian dapat dilihat oleh pihak yang terkait.

Beasiswa mencakup

  • Pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia
    Pelatihan Bahasa Inggris untuk keperluan akademik yang dilakukan sebelum pelaksanaan studi ke Australia.
  • Tunjangan hidup sebelum keberangkatan
    Tunjangan ini diberikan ketika pelaksanaan pelatihan bahasa inggris sampai dengan hari keberangkatan ke Australia. Pengecualian untuk penerima beasiswa yang mengalami penundaan.
  • Biaya pemeriksaan medis dan rontgen
    Biaya ini diberikan sebagai persyaratan mengurus visa untuk pelajar
  • Asuransi Kesehatan
    Diberikan bagi penerima beasiswa saja selama masa studi di Australia. Penerima beasiswa harus membayar sendiri asuransi kesehatan untuk keluarga yang ikut ke Australia. Hal ini diperlukan sebagai persyaratan visa bagi keluarga yang ikut ke Australia.
  • Biaya perjalanan ke Australia sekali jalan (kelas ekonomi)
    Tiket pesawat kelas ekonomi akan diberikan dari bandara terdekat dengan tempat tinggal penerima beasiswa sampai ke bandara internasional yang terdekat dengan universitas yang dipilih
  • Anggaran pemukiman
    Diberikan satu kali pada awal masa studi di Australia.
  • Penyertaan keluarga
    Keluarga (isteri/suami dan anak-anak) boleh ikut serta ke Australia atas biaya sendiri jika telah memenuhi persyaratan AusAID dan imigrasi.
  • Program Pengenalan Akademik di Australia
    Program ini dilakukan selama 4-6 minggu sebelum dilaksanakannya perkuliahan.
  • Biaya hidup
    Tunjangan hidup selama siswa studi di Australia. Besarnya jumlah tunjangan untuk perorangan atau berkeluarga adalah sama.
  • Biaya pendidikan untuk level Master atau PhD
    Seluruh biaya akademis dan biaya-biaya lain yang bersifat wajib bagi siswa internasional
  • Bantuan tutorial tambahan
    Bila dibutuhkan, bantuan tutorial akan diberikan pada siswa yang mengalami kesulitan mata kuliah tertentu untuk membantu proses belajar.
  • Kerja lapangan di luar Australia
    Bila riset mencakup setidaknya 50 persen dari program, siswa dapat menerima satu kali tiket pp ke Indonesia untuk melaksanakannya.
  • Biaya Perjalanan reuni keluarga
    Penerbangan kelas ekonomi ke dan dari Indonesia untuk setiap akhir tahun ajaran. Ini tidak belaku bagi siswa yang hanya menjalankan progam studi 1 tahun. Biaya ini berlaku bagi siswa yang belum berkeluarga maupun yang sudah berkeluarga, namun tidak membawa serta keluarganya.
  • Biaya perjalanan pulang ke Indonesia sekali jalan (kelas ekonomi)
    Tiket pesawat kelas ekonomi akan diberikan dari bandara internasional terdekat dengan universitas tempat penerima beasiswa berkuliah ke bandara yang terdekat dengan tempat tinggal penerima beasiswa

Siapa yang boleh mendaftar?
ADS terbuka bagi individu dari sektor pemerintah dan swasta. Pelamar tidak boleh berusia lebih dari 42 tahun pada tanggal penutupan aplikasi, memiliki IPK minimal 2,9 dan IELTS minimal 5,0 (TOEFL Institusional/Paper-based minimal 500 atau TOEFL Internet-based minimal 61). IELTS atau TOEFL harus yang terbaru (minimal diambil tahun 2011 atau 2012). TOEFL yang dilampirkan minimal satu (1) original copy yang dikeluarkan institusi TOEFL terkait, dan nilai bahasa Inggris lainnya tidak akan diterima. Pemohon harus mengambil bidang studi yang tercakup dalam bidang yang telah diprioritaskan. Pemohon S2 harus sudah memiliki gelar S1 dan pemohon S3 diharuskan berposisi sebagai pembuat kebijakan (policy maker), peneliti atau dosen. Pemohon gelar Master yang sudah memiliki gelar Master tidak memenuhi persyaratan untuk mendaftar. Demikian juga dengan PhD.

Formulir Aplikasi
Waktu pembukaan program beasiswa ADS adalah 12 Maret 2012 dan ditutup pada 17 Agustus 2012. Formulir pendaftaran beasiswa ADS bisa diperoleh di berbagai institusi seperti Pusdiklat tiap departemen, Rektorat Universitas negeri dan swasta, Kopertis, BUMN, Kantor Cabang Indonesia Australia Language Foundation (IALF), dan Kantor Australia Awards – Development Awards Indonesia, atau dapat diunduh di www.australiaawardsindo.or.id.

Pelamar harus melengkapi formulir, menjawab seluruh pertanyaan dan mengirimkan formulir beserta dokumen yang diperlukan langsung ke kantor ADS melalui pos atau diantar langsung. Sebaiknya formulir dikirimkan secepat mungkin sebelum tanggal penutupan.

Dokumen yang Diperlukan
Persyaratan dokumen yang diperlukan adalah :

  • Kopi Akte Kelahiran
  • Kopi KTP atau paspor bagian identitas diri
  • Daftar Riwayat Hidup dalam bahasa Inggris
  • Kopi Ijasah & Transkrip S1 yang telah dilegalisir (cap asli) bagi pelamar program S2 & S3
  • Kopi Ijasah & Transkrip S2 yang telah dilegalisir (cap asli) bagi pelamar program S3
  • Original copy hasil IELTS atau TOEFL Institusional yang dikeluarkan oleh institusi terkait dan diambil minimal tahun 2011 atau 2012. TOEFL Prediction TIDAK diterima
  • Referensi dari pembimbing S2 bagi pelamar program S3
  • Proposal penelitian bagi pelamar program S2 (50% Riset) dan pelamar program S3. Formatnya harus menggunakan format yang telah disediakan di www.australiaawardsindo.or.id.

Bagaimana Caranya Mendaftar ?

  • Melengkapi formulir pendaftaran ADS (lihat poin V)
  • Menyerahkan tiga (3) rangkap formulir aplikasi yang telah terisi beserta dokumen yang diperlukan (lihat poin VI) ke kantor ADS, bisa melalui pos atau diantar langsung
  • ADS akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh pelamar

Bidang Studi Prioritas:
Kandidat harus menempuh bidang studi yang termasuk dalam area akademis prioritas Kemitraan Australia dan Indonesia. Berikut ini adalah daftar indikatifnya. Daftar ini akan ditinjau secara terusmenerus melalui proses 6 bulanan Komite Koordinasi Program.

Australia Indonesia Partnership Priority Development Areas (PDA).

  • Sustainable Growth and Economic Management
    Field of Study: Natural Resource Management, Agriculture, Aquaculture/fisheries, Forestry, Climate Change, Economics, Infrastructure Planning, Water and Sanitation, Rural Growth, Small and medium enterprise development
  • Democracy Justice and Good Governance
    Field of Study: Law, legal and judicial systems, Political Science and Government, Public administration, Public expenditure management, Public Sector Reform, Environmental Law, Anticorruption, Decentralisation
  • Investing in People
    Field of Study: Communicable Disease Prevention, Health Management, Health Services, Maternal and Child Health, Women and Gender Studies, Disability Services, Public Health, Education and Training, Education Management Human Resource Development
  • Safety and Peace
    Field of Study: Conflict Resolution, Disaster Prevention and Management, Transport Safety, Transnation Crime Prevention, Development Studies, International Studies

ADS 2012/2013 APPLICATION ROUND NOW OPEN! 12 March 2012 – 17 August 2012

Australia Awards
Development Awards Office
Gedung Wira Usaha lantai 7
Jl. H.R.Rasuna Said Kav. C-5 Kuningan
Jakarta Selatan 12940, Indonesia
Tel. +62 21 527 7648
Fax. +62 21 527 7649
Email: info@adsindonesia.or.id
Website: http://www.australiaawardsindo.or.id

For more information, please visit official website: www.australiaawardsindo.or.id