The Third IR Lecture Series

Pada Tanggal 4 Maret 2013, Departemen Hubungan Internasional, Binus University mengadakan the Third IR Lecture Series dengan tema “Being an Excellent Researcher”. Kuliah Tamu ini diadakan di ruang Exhibition Hall Lantai 3, Kampus Anggrek, Binus University. Pembicara untuk kuliah umum Dr. Serena Hussain dan Dr. Catherine Koerner. Kedua pembicara yang sedang melakukan riset mengenai pengungsi asing di Indonesia ini berbagi pengalaman mereka sebagai peneliti kepada mahasiswa-mahasiswa HI Binus yang juga memiliki minat menjadi peneliti. Tidak hanya mahasiswa HI Binus yang menghadiri kuliah tamu ini, mahasiswa Manajemen Smart Program yang saat ini di semester 6 dan mahasiswa Business Law juga turut hadir dalam kuliah tamu kali ini. Setidaknya, terdapat kurang lebih 150 mahasiswa yang menghadiri acara kuliah tamu ini.

Bagi mahasiswa Smart Program yang saat ini di semester 6, kuliah tamu ini sangat bermanfaat. Pertama, dari sisi mereka akan menuliskan tugas akhirnya satu atau dua semester lagi. Kedua, mereka mendapatkan kesempatan mendengarkan dan berdiskusi langsung dengan ilmuwan asing dalam bahasa Inggris.

Kedua hal ini sangat menunjang international experience mereka sekaligus sesuai dengan kelas mereka yang menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahan.

Di dalam, kuliahnya, Dr. Hussain menjelaskan mengenai bagaimana seorang peneliti dapat menghasilkan research question yang unik sebagai langkah awal melakukan penelitian. Menurutnya, research question haruslah muncul dari fenomena yang menjadi teka-teki bagi seorang peneliti. Lalu, teka-teki yang dimiliki haruslah menstimulus peneliti untuk menghasilkan hipotesa yang kreatif dalam menjawab teka-teki yang ada. Hipotesa ini didapatkan melalui pembacaan kita akan literatur-literatur terdahulu yang membuat teori-teori yang telah ditelurkan oleh pemikir-pemikir sebelumnya. Senada dengan Dr. Hussain, Dr. Koerner juga menyampaikan pentingnya melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk menghasilkan sebuah argumen yang mampu menjawab research question yang ada.

Kuliah Tamu kali ini dibanjiri dengan berbagai macam pertanyaan-pertanyaan unik dari mahasiswa mengenai hal yang terkait dengan penelitian. Selama lebih dari satu jam sesi tanya jawab menghiasi kuliah tamu ini. Karena waktu yang tidak mencukupi, pada pukul 13.00 kuliah tamu yang dimoderatori oleh Dini Adiba Septanti akhirnya ditutup.

Pak Paulus Sekjur BL hadir bersama para mahasiswa BL
Pak Paulus Sekjur BL hadir bersama para mahasiswa BL
Dr. Chatrine disambut Kajur dan Sekjur HI
Dr. Chatrine disambut Kajur dan Sekjur HI