Pertemuan Editor-in-Chief JAS dan Menlu

Editor-in-chief International Journal of ASEAN Studies (JAS), Tirta N. Mursitama, PhD diterima oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Dr. R.M. Marty Natalegawa di kantor, Pejambon Jakarta pada Jumat pagi 13 September 2013 lalu. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari persiapan Konvensi Nasional IV Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) yang akan diselenggarakan di Universitas Andalas pada 14-16 November 2013.

Tirta N. Mursitama, PhD memimpin delegasi AIHII dalam kapasitas sebagai Bendahara beserta Yusran, M.Si sebagai Sekretaris AIHII yang sekaligus Ketua Jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Budi Luhur.

Dalam kesempatan tersebut, delegasi menyampaikan laporan persiapan Konvensi Nasional IV dan memohon kehadiran Menlu untuk membuka sekaligus memberikan pemikirannya dalam pertemuan tersebut.

Selain itu, delegasi memperkenalkan keberadaan AIHII sebagai satu-satunya asosiasi profesi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia dan menyampaikan keinginan untuk membangun hubungan kerjasama antara Kemenlu dan AIHII. Dua hal ini disambut sangat baik oleh Menlu dan memberikan tugas agar antara Kemenlu dan AIHII dapat berkoordinasi untuk menyiapkan draft kerjasama ini.

Pada kesempatan tersebut, Tirta N. Mursitama, memperkenalkan JAS sebagai jurnal terbitan jurusan Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara yang bekerjasama dengan AIHII. Keberadaan JAS sangat diapresiasi oleh Menlu dan berharap dapat menjadi salah satu media yang menampilkan pemikiran-pemikiran yang bernas dari dunia akademik Indonesia tentang Hubungan Internasional.

Menlu menyambut baik terbitnya jurnal tersebut dan mengharapkan agar menerbitkan tulisan-tulisan yang bermutu dan berguna.

Dengan demikian Kemenlu mendapatkan masukan ide-ide baru dari kalangan akademisi Indonesia dalam menghadapi berbagai fenomena Hubungan Internasional yang dihadapi Indonesia.

 

Tirta Mursitama, PhD selaku perwakilan AIHII memberikan edisi pertama Journal of ASEAN Studies kepada Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Tirta Mursitama, PhD menyerahkan JAS kepada Menlu Marty Natalegawa