HI BINUS BERKUNJUNG KE CHENG SHIU UNIVERSITY TAIWAN

Ketua Departemen Hubungan Internasional BINUS, Tirta N. Mursitama PhD, diundang oleh Cheng Shiu University (CSU) Kaohsiung, Taiwan sebagai visiting scholar selama dua pekan sejak tanggal 27 Oktober – 10 November 2013. Sebagai visiting scholar, Dr. Tirta akan memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa Cheng Shiu University, mendiskusikan kerjasama penelitian dan publikasi jurnal ilmiah, pertukaran mahasiswa baik dalam hal akademik maupun non-akademik, dan melakukan observasi terhadap tujuh mahasiswa BINUS yang menjalani program student exchange di CSU selama satu semester.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, Dr. Tirta akan menjadi salah seorang tamu dari universitas di luar Taiwan yang akan menghadiri ulang tahun CSU pada tanggal 9 November 2013 yang akan datang. Kegiatan ilmiah lainnya adalah sebagai pembahas dalam The 2013 International Conference on Asia Pacific Studies (ICAPS) di National Sun Yat-Sen University, Kaohsiung, Taiwan. Dr. Tirta akan menjadi pembahas makalah-makalah peserta seminar dalam sesi “Indonesia and the World”.

Pada tanggal 29 Oktober 2013, Prof. Shuen-Ren Cheng, MBA, PhD, Vice President CSU menerima secara resmi kunjungan Dr. Tirta sebagai visiting scholar di CSU di ruang VVIP lantai 10 gedung utama CSU. Dalam sambutannya, Prof. Shuen-Ren Cheng menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Dr. Tirta memenuhi undangan sebagai visiting scholar di CSU. Beliau mengharapkan kerjasama yang semakin baik dan substantive dapat terjalin dalam rangka mempererat hubungan baik ntara kedua universitas.

Dr. Tirta menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kepercayaan yang diberikan menjadi visiting scholar dan kepada BINUS sebagai partner university satu-satunya dari Indonesia. Dr. Tirta mengundang CSU untuk melakukan kunjungan balasan ke BINUS. Prof. Shuen-Ren Cheng, menyambut baik undangan tersebut dan akan mengatur jadwal kunjungan ke Indonesia pada akhir tahun ini.

Dalam acara tersebut, Prof. Shuen-Ren Cheng menyerahkan cindera mata dari CSU berupa pearl khas CSU sebagai simbol universitas. Dalam acara tesebut vice president CSU didampingi oleh Associate Professor Wan-Ping Tai selaku Director of Foreign Affairs dan Assistant Professor Wu-Te Ko selaku Director of Academic Exchange Section. Keduanya dari Office of International Affairs, CSU.

Kerjasama antara CSU dan BINUS telah dimulai pada awal tahun ini ketika Associate Professor Wan-Ping Tai, PhD, Director of Foreign Affairs, Office of International Affairs, CSU bersama Prof. Samuel. C.Y. Ku, PhD dari National Sun Yat-Sen University mengunjungi BINUS dan menjadi pembicara pada BINUS IR Lecture Series. Kerjasama tersebut dilanjutkan dengan pengiriman tiga mahasiswa terbaik HI BINUS dan empat mahasiswa Psikologi BINUS pada program student exchange pada semester ganjil 2013/2014.

Sungguh sebuah inisiasi kerjasama yang cepat dan dilaksanakan secara konkrit setelah serangkaian diskusi di BINUS awal tahun lalu dan ditindaklanjuti dengan penandatangan MoU antara HI BINUS dan CSU yang difasilitasi oleh Ibu Yi Ying, M.Litt, selaku IPPC Fakultas Humaniora di pertengahan tahun ini. Kemudian, dilanjutkan dengan program visiting scholar yang kali ini dilakukan oleh Dr. Tirta, ketua departemen Hubungan Internasional.

Kerjasama ini didukung penuh oleh Drs. Johannes A.A. Rumeser, M.Si, Psi, selaku dekan Fakultas Humaniora BINUS dan Rektor BINUS Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM. Para pimpinan BINUS seiring dengan upaya pencapaian BINUS sebagai World Class University, mengedepankan kegiatan internasionalisasi dan global employability sehingga kegiatan seperti ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk kepentingan institusi tetapi juga para pengajar/peneliti dan mahasiswa BINUS.

 

Prof. Shuen-Ren Cheng (Vice President CSU) dan Tirta N. Mursitama, PhD (HI BINUS)
Prof. Shuen-Ren Cheng (Vice President CSU) dan Tirta N. Mursitama, PhD (HI BINUS)